Para Kepala Desa se-Ogan Ilir Turun ke Jalan Bagikan Ribuan Masker kepada Warga

Fitriadi ยท Selasa, 07 April 2020 - 23:02 WIB
Para Kepala Desa se-Ogan Ilir Turun ke Jalan Bagikan Ribuan Masker kepada Warga
Para kades yang tergabung dalam Forum Kades se-Kabupaten Ogan Ilir, Sumsel, membagi-bagikan masker kepada para pengguna jalan, Selasa (7/4/2020). (Foto: iNews/Fitriadi)

OGAN ILIR, iNews.id – Para kepala desa (kades) yang tergabung dalam Forum Kades Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel), turun ke jalan membagikan ribuan masker gratis kepada masyarakat, Selasa (7/4/2020). Masker itu diharapkan bisa melindungi warga dari penyebaran virus corona atau Covid-19 yang terus meluas saat ini.

Dari pantauan iNews, para kades ini membagikan ribuan masker di sepanjang jalan lintas timur. Pembagian masker tersebut difokuskan di zona titik merah penyebaran Covid-19 seperti di Pasar Tanjung Raja dan Pasar Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir.

Pembagian masker itu dikomandoi langsung oleh Ketua Forum Kades, Herian, yang juga merupakan Kepala Desa Srijabo Kecamatan Sungai Pinang. Dalam waktu sekejab, ribuan masker yang dibagikan langsung ludes. Masyarakat tampak sangat antusias mendapatkan masker yang dibagikan para kades.

Ketua Forum Kades Kabupaten Ogan Ilir, Herian mengaku prihatin atas penyebaran Covid-19 yang saat ini begitu meresahkan masyarakat. Mereka para kades merasa terpanggil dan ikut bertanggung jawab untuk mencegah penularan virus itu sehingga jangan sampai menambah korban jiwa di Indonesia, khususnya di Ogan Ilir.

“Sasaran kami setiap warga yang melintas di sepanjang jalan lintas timur, yang tidak memakai masker. Dengan memakai masker, kami berharap warga Ogan Ilir bisa terhindar dari penularan dan penyebaran virus corona,” kata Herian.

Dalam pembagian masker itu, Forum Kades Kabupaten Ogan Ilir juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan, mencuci tangan dengan sabun, dan berolah raga. Kemudian, selalu menggunakan masker, terutama saat keluar rumah. Yang juga sangat penting, jangan berkumpul di keramaian dan tidak keluar rumah selama pandemi corona.

“Kita perlu terus menanamkan kesadaran kepada masyarakat mengenai pentingnya menanati imbauan dari pemerintah agar bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona,” katanya.

Usai membagikan masker langsung bertolak ke Posko Covid-19 Kabupaten Ogan Ilir. Forum Kades ini juga menyerahkan bantuan kepada para petugas yang menangani penanggulangan penyebaran virus corona di daerah itu.


Editor : Maria Christina