Jatah Kartu Prakerja untuk Pemprov Sumsel Tak Sampai 100.000

Antara ยท Selasa, 07 April 2020 - 21:54 WIB
Jatah Kartu Prakerja untuk Pemprov Sumsel Tak Sampai 100.000
Kartu Prakerja. (Foto: ilustrasi/Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Kuota program kartu  pekerja dari pemerintah pusat untuk Sumatera Selatan (Sumsel) tak sampai 100.000. Pemprov Sumsel hanya mendapat jatah 83.159 kartu prakerja.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakam, program tersebut segera direalisasikan pemerintah untuk merespon kondisi terkini berupa pandemi Covid-19.

"Program ini akan diutamakan bagi pekerja yang terkena PHK dan dirumahkan akibat pelemahan ekonomi. Program ini juga menyasar para pelaku usaha mikro dan kecil (UMK)," kata Herman, Selasa (7/4/2020).

Herman menambahkan, untuk mendapat kesempatan menikmati program tersebut warga cukup mendaftar secara online. Saat ini terdapat 20.000,warga Sumsel yang telah mendaftar untuk mengikuti program tersebut.

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumsel, Khoimudin mengatakan warga yang terdampak Covid-19 dipersilakan mendaftar karena akan diupayakan untuk ditampung dulu.

Oleh karena itu pihaknya mengimbau pada masyarakat yang sudah memenuhi persyaratan untuk segera memanfaatkan kesempatan tersebut.

“Nanti bantuan ini akan langsung ke si penerima. Jadi Pemda tidak menyimpan uang itu karena langsung disalurkan ke masyarakat,” kata Khoimudin.

Kartu prakerja merupakan program pemerintah pusat yang saat ini diprioritaskan untuk para pekerja yang di PHK akibat Covid-19. Bahkan saat ini, Presiden Joko Widodo sudah menaikkan anggaran kartu prakerja dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto