New Normal, Warga Palembang Boleh Berkumpul Asal…

Antara · Kamis, 04 Juni 2020 - 18:01 WIB
New Normal, Warga Palembang Boleh Berkumpul Asal…
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Sumsel (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Warga Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) akhirnya diizinkan untuk berkumpul di tengah pandemi Covid-19. Meski begitu, ada syarat yang harus dipenuhi agar bisa berkumpul

Diizinkannya warga berkumpul setelah peraturan wali kota (perwali) tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Palembang direvisi.

Sekretaris Daerah Kota Palembang Ratu Dewa mengatakan, revisi ini dilakukan setelah pemkot melanjutkan PSBB tahap kedua pada tanggal 3-16 Juni 2020.

“Warga boleh berkumpul asalkan 50 persen dari kapasitas ruangan,” kata Ratu Dewa, Kamis (4/6/2020).

Ratu Dewa mencontohkan ruangan berkapasitas 30 orang hanya 15 orang yang boleh berkumpul.

“Pada saat meeting, misalnya, pemkot mengizinkan asalkan ada jarak di antara peserta rapat,” kata dia.

Perubahan ini, kata Ratu Dewa, untuk menyesuaikan dengan konsep new normal karena Kota Palembang juga sebagai kota yang menuju kondisi tersebut.

Adanya pembatasan hanya 50 persen dari kapasitas ruangan itu, menurut Ratu Dewa, sama saja dengan penerapan physical distancing.

Lebih lanjut Ratu Dewa mengatakan, meski ada pelonggaran kebijakan selama PSBB II, masyarakat yang tidak memenuhi protokol kesehatan akan tetap ada disanksi.

“Sanksi yang dikenai bertahap, mulai dari teguran lisan, tertulis, penahanan identitas, hingga pencabutan izin dan denda,” katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto