Nelayan Sumsel Sebut Durasi Cuaca Ekstrem Makin Panjang

Antara ยท Rabu, 12 Januari 2022 - 15:51:00 WIB
Nelayan Sumsel Sebut Durasi Cuaca Ekstrem Makin Panjang
Nelayan memperbaikai kapal dan alat tangkap di Sungai Musi selama tidak melaut karena cuaca ekstrem. (Foto: Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Nelayan asal Sumatera Selatan (Sumsel) menyebutkan cuaca dalam beberapa tahun terakhir semakin ekstrem dengan waktu yang cukup panjang. Akibatnyna, masa mereka tidak bisa melaut menjadi lebih lama dari biasanya.

Aning, nelayan asal Palembang yang dijumpai di Gudang Ikan mengatakan gelombang tinggi hingga lima meter di perairan Natuna, Kepulauan Riau, terkadang sudah terjadi sejak November. Padahal, sebelumnya gelombang tinggi pengaruh angin barat itu terjadi hanya tiga bulan dari mulai Desember sampai Februari. “Kini cuaca tak menentu, terkadang dari November sudah tak bisa melaut,” katanya, Rabu (12/1/2022).

Kondisi ini membuat sebagian anak buah kapal asal Jawa memilih pulang kampung, dan sebagian lagi menetap di Palembang untuk menjaga atau memperbaiki kapal. Ada pula dari nelayan itu beralih bekerja di kapal-kapal ikan yang beroperasi di perairan Papua karena gelombang laut di sana relatif tidak setinggi di Natuna. 

“Aktivitas selama menunggu ini, paling diisi dengan memperbaiki kapal, jaring, memompa air supaya kapal tak tenggelam, ya seperti itu rutinitasnya,” kata dia.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: