Mengenal Kepur, Desa di Sumsel yang Punya Tradisi Meriahkan Bulan Muharam Seperti Idul Fitri

Edwinsyah Satria · Selasa, 24 Agustus 2021 - 08:14:00 WIB
 Mengenal Kepur, Desa di Sumsel yang Punya Tradisi Meriahkan Bulan Muharam Seperti Idul Fitri
Warga Desa Kepur tua dan muda secara bersama - sama mengikuti tradisi melemang memeriahkan buan Muharam. (Foto: Edwinsyah)

MUARA ENIM, iNews.idDesa Kepur, di Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel) memiliki tradisi unik yang dipertahankan sejak nenek moyang (puyang). Setiap tahun untuk menyambut dan memeriahkan tahun baru Islam di bulan Muharam, setiap rumah tidak pernah lupa merayakannya. 

Tradisinya yakni melemang. Biasanya melemang atau membuat lemang digelar selama dua hari pada 11 dan 12 Muharam, namun karena situasi pandemi Covid-19 tahun ini melemang sedikit tertunda. Meskipun demikian tetap meriah dan semua warga desa merayakannya. 

Lemang sendiri merupakan salah satu kuliner khas nusantara atau masyarakat melayu. Lemang dibuat dari campuran beras ketan, santan dan campuran lainnya kemudian dimasukkan ke dalam bambu mudah, lalu dibakar di atas bara api atau dikukus. 

Hampir di seluruh Sumsel dan beberapa provinsi lain mengenal dan memasak lemang. Namun tradisi melemang di Desa Kepur, Muara Enim ini unik dan berbeda. Bahkan kemeriahannya hampir sama dengan kemeriahaan hari raya Idul Fitri. Warga desa yang merantau di luar desa atau ke kecamatan lain akan pulang ke desa pada bulan Muharam dan memasak lemang atau melemang secara bersama - sama.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: