Melawan Pakai Senpi Rakitan, Perampok Sadis di Muba Tewas Ditembak Polisi

Edi Lestari ยท Jumat, 19 Juni 2020 - 08:56 WIB
Melawan Pakai Senpi Rakitan, Perampok Sadis di Muba Tewas Ditembak Polisi
Senjata api rakitan (Antara)

MUBA, iNews.id - Jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Musi Banyuasin menangkap seorang pelaku perampokan. Pelaku bernama Asnawi alias Awi merupakan satu dari tujuh anggota perampok sadis yang menggasak harta pengusaha minyak tahun 2014.

Kapolres Musi Banyuasin, AKBP Yudhi Surya Markus Pinem menyebutkan, komplotan perampok sadis ini beranggotakan tujuh orang, otak komplotan ini adalah Asnawi alias Awi yang ditembak mati.

"Saat anggota kami melakukan upaya penangkapan, tersangka melakukan perlawanan dengan senjata api (senpi) rakitan jenis revolver, sehingga diambil tindakan tegas terukur," kata Markus, Jumat (19/6/2020).

Penangkapan ini dilakukan petugas di tempat persembunyian tersangka di wilayah Kelurahan Sako, Kota Palembang, Sumatera Selatan. Penangkapan dipimpin Kasatreskrim Polres Musi Banyuasin, AKP Deli Haris, bersama Kapolsek Babat Toman, AKP Ali Rojikin.

“Pelaku tewas saat dalam perjalanan menuju ke rumah sakit,” kata dia.

Dari hasil pemeriksaan, kata Markus, pelaku ini merupakan otak perampokan yang terjadi di Desa Sungai Angit, Kecamatan Babat Toman, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Markus melanjutkan, aksi perampokan tahun 2014 silam, komplotan ini berhasil menggasak harta korban hingga sebesar Rp1,6 miliar, yakni berupa uang tunai Rp350 juta, dan emas seberat 2.680 gram. Pelaku juga menganiaya anak korban.

Dari tujuh pelaku, kata dia, empat pelaku lainnya sudah berhasil ditangkap dan kini menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Sekayu. Sementara sisanya masih dalam pengejaran petugas.

Selain menangkap pelaku, polisi menyita barang bukti berupa satu pucuk senjata api rakitan jenis revolver, beberapa butir peluru, dan telepon genggam.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto