Manfaatkan Pemutihan Pajak dari Gubernur Sumsel, Warga Lunasi Pajak yang 3 Tahun Nunggak

Bambang Irawan · Selasa, 04 Agustus 2020 - 10:22:00 WIB
Manfaatkan Pemutihan Pajak dari Gubernur Sumsel, Warga Lunasi Pajak yang 3 Tahun Nunggak
Gubernur Sumsel Herman Deru (Bambang Irawan/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) sudah memberlakukan pemutihan denda pajak kendaraan bermotor. Kebijakan Gubernur Sumsel Herman Deru itu diharapkan dapat meringankan beban warga Sumsel di masa pandemi Covid-19.

Kebijakan penghapusan denda pajak kendaraan bermotor dan pembebasan BBNKB II ternyata mendapat respon positif dari masyarakat.

Seperti diungkapkan salah seorang wajib pajak (WP) bernama Zaini (65) warga 19 Ilir. Pria paruh baya yang sehari-harinya berdagang ikan ini mengaku sengaja datang sejak pagi agar segera dapat melunasi pajak motornya yang sudah menunggak tiga tahun lebih. Pagi itu, Zaini terlihat datang sendiri tanpa ditemani keluarganya.

"Pajak motor ini sudah tiga tahun belum dibayar karena memang tidak ada uangnya. Kebetulan kemarin dapat selebaran katanya Gubernur berikan pemutihan denda pajak jadi saya langsung kesini. Alhamdulillah ini saya mau lunasi," kata Zaini, Selasa (4/7/2020).

Senada dengan Zaini, mahasiswa asal Lubuklinggau Dede Hidayat juga memanfaatkan pemutihan itu. Menurutnya sebagai mahasiswa perantauan penghapusan denda pajak kendaraan yang diberikan Gubernur Sumsel Herman Deru sangat membantu. Karena dengan pemutihan itu,dia yang seharusnya membayar pajak berikut denda sebesar Rp350.000 menjadi lebih murah sekitar Rp215.000 saja.

"Memang baru sih telatnya. Cuma ya tetap didenda. Makanya pas liat di medsos dua minggu lalu bakal ada pemutihan denda pajak senang sekali dan langsung cepat-cepat bayar. Kalau besok-besok mungkin ramai makanya hari ini saja," kata dia.

Meskipun berkurang sekitar seratus ribuan saja, namun kata Dede di masa pandemi Covid seperti ini uang tersebut cukup berarti baginya. Karena itu Ia sangat berterima kasih atas kepekaan Gubernur HD atas kesulitan-kesulitan yang dirasakan warganya.

Editor : Nur Ichsan Yuniarto

Halaman : 1 2