Dongkrak Ekonomi Daerah, Gubernur Sumsel Dorong Pembangunan KEK Tanjung Api Api

Antara ยท Senin, 03 Agustus 2020 - 15:16 WIB
Dongkrak Ekonomi Daerah, Gubernur Sumsel Dorong Pembangunan KEK Tanjung Api Api
Ilustrasi investasi di wilayah Tanjung Api-Api Sumsel (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api Api (TAA) di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel) harus terus didorong. Pasalnya KEK akan mendongkrak perekonomian daerah.

"Dengan adanya KEK TAA Kabupaten Banyuasin maka dapat menjadi peluang besar untuk menarik investasi masuk ke daerah ini," kata Gubernur Sumsel Herman Deru, Senin (3/8/2020).

Menurut Herman, Pemprov Sumsel akan terus mempromosikan investasi kawasan tersebut dan mendukung penuh percepatan pengembangan KEK Tanjung Api Api.

"Pemprov Sumsel maupun Pemkab Banyuasin sangat mendukung agar KEK TAA dapat segera dikembangkan. Baik itu perizinan maupun kesiapan infrastruktur yang ada," kata dia.

Menurut pria yang kerap disapa HD ini, pada prinsipnya semua pihak harus terus mendukung sehingga KEK menjadi berkembang dan perekonomian daerah akan meningkat.

"Namun sebelum itu diharapkan ada kesepakatan yang mendetail mengenai hak, tanggung jawab, dan tugas masing-masing pihak yang terkait dalam KEK TAA ini," katanya.

Mengenai pengembangan KEK itu terus dibahas dan telah dibicarakan ke pemerintah pusat melalui virtual yang dibuka Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Agung Kuswandono.

"KEK TAA Sumsel akan dibangun industri besar dan kecil untuk mendorong perekonomian daerah serta nasional," katanya.

Pertemuan virtual melalui zoom itu, juga dihadiri antara lain oleh Bupati Banyuasin, Wakil Ketua Dewan KEK Provinsi Sumsel Askolani Jasi, dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sumsel, serta Dirut PT Sriwijaya Mandiri Sumatera Selatan Sarimuda.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto