6 Makanan Khas di Tanjung Batu Ogan Ilir, Nomor 2 Model Panas Bikin Ngiler

Ayu Dwi Lestari ยท Jumat, 22 Oktober 2021 - 08:30:00 WIB
6 Makanan Khas di Tanjung Batu Ogan Ilir, Nomor 2 Model Panas Bikin Ngiler
6 makanan khas di Tanjung Batu Ogan Ilir salah satunya kue gandus atau gandos. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - 6 Makanan khas di Tanjung Batu Ogan Ilir yang sangat mengoyang lidah para penikmat kuliner. Tanjung Batu mempunyai beragam pilihan makanan yang murah tapi enak. Kalau kalian mampir ke Tanjung Batu jangan sampai lupa untuk mencicipi makanan khasnya.

Makanan adalah suatu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Karena makanan bisa menjadi sumber energi, ketika melakukan aktivitas tetapi belum menyantap makanan pasti aktivitas yang kamu lakukan tidak maksimal. Makanan khas Tanjung Batu kebanyakan terbuat dari tepung sagu, inilah yang bisa dijadikan sebagai sumber energi.

Berikut adalah 6 makanan khas di Tanjung Batu Ogan Ilir, yang wajib kamu coba, simak ulasannya berikut ini:

1. Pempek
Siapa yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini, makanan ini adalah makanan khas yang sangat terkenal di Palembang. Pempek terbuat dari tepung sagu, tepung terigu dengan campuran daging ikan. Untuk daging ikan yang dipakai untuk membuat pempek di antaranya Ikan Gabus, Ikan Tenggiri, Ikan Kakap Merah dan masih banyak jenis Ikan lainnya. Adapun pempek bisa dinikmati setelah digoreng atau direbus. 

Pempek ada banyak macamnya di antaranya: pempek telok (telur), pempek krupuk/kriting, pempek lenjer, pempek adaan, pempek isi tahu. Untuk menemani makan pempek kurang lengkap jika tidak menggunakan cuko (cuka). Cuko ini sendiri dibuat dengan berbagai rempah seperti bawang putih, cabe, gula merah, garam, asam jawa, air, ebi dan cuka masak. 

Ketika pempek dan cuko disatukan rasanya nikmat sekali, dengan rasa pempek yang gurih dipadukan dengan cuko yang pedas bisa jadi menu pilihan untuk kalian yang berkunjung ke Desa Tanjung Batu Ogan Ilir. Untuk harga pempek dibandrol dengan harga Rp1000-2.500 per satuan pempek.

Pempek yang merupakan makanan khas Palembang juga dapat ditemukan di Tanjung Batu Ogan Ilir. (Foto: Ist)
Pempek yang merupakan makanan khas Palembang juga dapat ditemukan di Tanjung Batu Ogan Ilir. (Foto: Ist)

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: