Lahan Gambut di Ogan Ilir Terbakar, Asap Pekat Membumbung Tinggi

Fitriadi ยท Selasa, 27 Juli 2021 - 07:05:00 WIB
Lahan Gambut di Ogan Ilir Terbakar, Asap Pekat Membumbung Tinggi
Asap pekat membumbung tinggi dari lahan gambur yang terbakar di Kabupaten Ogan Ilir. (Foto: Fitriadi)

OGAN ILIR, iNews.id - Kebakaran lahan di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan (Sumsel) kembali terjadi. Sekitar lima hektare lahan gambut di Desa Meranjat Ogan Ilir terbakar hebat yang mengakibatkan asap tebal membumbung tinggi. 

Terbatasnya sumber air membuat pemadaman mengalami kesulitan. Petugas dari BPBD dan warga setempat terpaksa dibantu dua helikopter untuk melakukan pemadaman dari udaya atau water bombing. "Kendalanya sumber air, jadi kita dibantu dua helikopter," ujar Mashur, petugas dari BPBD Ogan Ilir, Senin (26/7/2021).

Warga sekitar sempat panik sehingga turut membantu pemadaman serta penyekatan karena api terus meluas dan menjalar ke kebun warga. Berbagai upaya dilakukan warga seperti penyekatan, penyiraman menggunakan air seadanya. "Luas kebakaran sekitar lima hektar. Angin kencang yang membuat api cepat membesar ke kebun warga," katanya. 

Petugas dan warga menduga kebakaran tersebut dipicu api dari puntung rokok warga yang melintasi lokasi. Warga berharap kebakaran tidak meluas karena selain khawatir menjalan kebun juga karena akan menimbulkan kabut asap. 

Editor : Berli Zulkanedi

Bagikan Artikel: