Jemaah Asal Sumsel Siap Berangkat Jika Arab Saudi Izinkan Masuk Pemegang Visa Umrah

Antara ยท Kamis, 27 Februari 2020 - 19:10 WIB
Jemaah Asal Sumsel Siap Berangkat Jika Arab Saudi Izinkan Masuk Pemegang Visa Umrah
Arab Saudi hentikan sementara umrah (AFP)

PALEMBANG, iNews.id - Kementerian Agama (Kemenag) Pusat terus mengupayakan agar jemaah umrah asal Indonesia bisa diberangkatkan ke Arab Saudi. Upaya ini dilakukan karena Arab Saudi memutuskan untuk menghentikan sementara layanan umrah untuk mencegah wabah virus korona.

Kepala Sub Bagian Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan (Sumsel), Saefudin Latief mengatakan, sekarang ini Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi, sedang melakukan lobi dengan pihak Arab Saudi.

"Jika di Sumsel ada yang memiliki visa umrah maka diusahakan untuk segera berangkat. Saat ini masih menunggu keputusuan Kemenag pusat," kata Saefudin kepada wartawan, Kamis (27/2/2020).

Saefudin menambahkan, saat ini pemerintah sedang melakukan pendekatan ke pemerintah Arab Saudi agar jemaah umrah Indonesia yang sudah mengantongi visa umrah diizinkan masuk ke wilayah Arab Saudi.

Ketika ditanya mengenai jamaah Sumsel sudah memiliki visa untuk berangkat umrah, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan travel penyelenggara haji dan umrah.

Sedikitnya ada 50 travel resmi di Sumsel yang akan memberangkatkan jemaah umrah sehingga, kata Saefudin, perlu pendataan secara akurat.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto