Jalan Lingkar Kota Prabumulih Rusak Parah, Warga Harap Ada Perhatian dari Pemerintah

Berrie Brima ยท Minggu, 16 Februari 2020 - 12:59:00 WIB
Jalan Lingkar Kota Prabumulih Rusak Parah, Warga Harap Ada Perhatian dari Pemerintah
Kondisi jalan lintas tengah di Prabumulih, Sumsel yang berlubang dan membahayakan pengguna jalan. (Foto: iNews/Berrie Brima)

PRABUMULIH, iNews.id - Jalan lingkar kota, Prabumulih, Sumatera Selatan (Sumsel) rusak parah dan nyaris tak bisa dilewati kendaraan berukuran besar. Meski sudah berlangsung beberapa tahun, pemerintah masih belum memperbaiki jalan negara tersebut.

Akses jalan lingkar sepanjang 22 kilometer ini berlubang dan tergenang air tiap kali selesai hujan. Pengendara harus ekstara hai-hari saat melintas.

Agar tidak terjadi kecelakaan, warga sekitar memasang patok kayu sebagai tanda bahaya kalau dilalaui. Mereka berharap, pemerintah segera memperbaiki jalan tersebut.

Menurut salah satu sopir mobil, Bambang, berharap ada perbaikan jalan. “Kalau bisa, perbaikilah, ini jalur ramai,” katanya, Sabtu (15/2/2020).

Sementara, sopir truk, Dori mengatakan biasanya akan ada perbaikan jika sudah ada kejadian mobil terbalik. “Ini belum ada kejadian. Biasanya ada pengurukan, ini belum ada,” katanya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kota Prabumulih, Adi Susanto menyayangkan kondisi jalan lingkar yang kini hancur dan rusak parah. Sebagian tanah dari jalan ini merupakan hibah dari masyarakat agar mempermudah dalam membawa hasil kebun mereka.

“Ini sampai bertahun-tahun belum ada perbaikan,” katanya.

Akses jalan jalan lintas tengah (jalinteng) merupakan jalan milik pemerintah Kota Prabumulih yang ditukar guling dengan Jalan Jenderal Sudirman, sehingga menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat. Mobil angkutan berat milik perusahaan dan pribadi yang bertonase besar memperparah kerusakan jalan yang tadinya dua jalur kini menjadi satu jalur.

Editor : Umaya Khusniah