Jadi Zona Hijau, Pemkab OKU Akan Tutup 6 Posko Covid-19

Antara ยท Rabu, 24 Juni 2020 - 08:34 WIB
Jadi Zona Hijau, Pemkab OKU Akan Tutup 6 Posko Covid-19
Posko pelayanan informasi kewaspadaan virus corona (Foto : Antara/Akhmad Nazaruddin Lathif).

BATURAJA, iNews.id - Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menutup enam pos komando (posko). Hal ini dilakukan karena OKU sudah menjadi zona hijau Covid-19.

"Enam posko Covid-19 yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten OKU akan dievaluasi dan ditutup pada akhir bulan ini," kata Ketua Harian Satgas Covid-19 OKU, Amzar Kristopa, Rabu (24/6/2020).

Kristopa menambahkan, penutupan posko penanganan Covid-19 tersebut berdasarkan keputusan Bupati OKU setelah wilayah ini dinyatakan zona hijau atau zero Covid-19.

"Paling menyisakan posko utama di sekretariat BPBD OKU," kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Achmad Tarmizi mengatakan selama empat bulan terakhir semua pihak telah bekerja keras dan saling membantu untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di OKU.

Hasilnya, kini OKU kembali ke zona hijau karena 40 pasien yang sebelumnya dinyatakan positif sudah sembuh dari Covid-19.

"Ini berkat kerja keras semua pihak khususnya peran serta tenaga medis di sejumlah sakit di daerah yang patut diacungi jempol," katanya.

Ke depan, kata Tarmizi, pihaknya menargetkan akan melakukan rapid test terhadap minimal satu persen penduduk OKU guna memastikan wilayah setempat bersih dari corona.

"Sekarang semua aktivitas di OKU sudah bisa kembali normal seperti biasa. Namun protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto