Ribuan Pelanggan Tak Bayar Iuran, PDAM OKU Tekor Rp10 Miliar

Antara ยท Jumat, 12 Juni 2020 - 13:48 WIB
Ribuan Pelanggan Tak Bayar Iuran, PDAM OKU Tekor Rp10 Miliar
Ilustrasi PDAM. (Foto: Antara)

BATURAJA, iNews.id - Tunggakan pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raja Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) mencapai Rp10 miliar. Hal ini dikarenakan adanya tunggakan dari pelanggan.

Kasubsi Humas PDAM Tirta Raja OKU, Elfanco mengatakan angka tunggakan tersebut berasal dari 4.553 pelanggan yang tersebar di seluruh wilayah kerja PDAM setempat.

“Tunggakan pelanggan hingga Mei 2020 mencapai Rp10 miliar. Pelanggan menunggak membayar iuran wajib setiap bulan,” kata Elfanco, Jumat (12/6/2020).

Menurut Elfanco, besarnya angka tunggakan pelanggan berdampak pada operasional produksi pengolahan air bersih. Pasalnya, pengolahan air yang disalurkan ke warga menjadi terganggu.

"Sangat berpengaruh. Oleh sebab itu, kami melakukan jemput bola ke rumah pelanggan yang menunggak," katanya.

Elfanco melanjutkan, jika pelanggan membandel, pihaknya akan memberikan tindakan berupa teguran dan akan menindak tegas dengan pemutusan jaringan distribusi air bagi pelanggang yang tidak membayar tunggakan tagihan air bersih.

"Tindakan tegas pemutusan jaringan ini akan diberikan bagi pelanggan yang menunggak pembayaran rekening PDAM di atas tiga bulan," tegasnya.

Dia mengimbau kepada seluruh pelanggan PDAM Tirta Raja OKU agar melaksanakan kewajibannya dengan tepat waktu membayar iuran air bersih agar tidak terjadi pemutusan jaringan.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto