Cegah Penyebaran Corona, PDAM Palembang Tambah Dosis Disinfektan

Antara ยท Jumat, 17 April 2020 - 20:15 WIB
Cegah Penyebaran Corona, PDAM Palembang Tambah Dosis Disinfektan
Warga sedang menampung air bersih (Foto: iNews/Budi Sunandar)

PALEMBANG, iNews.id - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) akan menambah dosis disinfektan pada airnya. Air bersih itu nantinya didistribusikan ke pelanggan agar terhindar dari virus corona.

"Dosis disinfektan pada April 2020 ini ditambah sehingga air yang dialirkan ke pelanggan dapat membantu masyarakat mencegah penyebaran virus corona," kata Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya di Palembang, Jumat (17/4/2020).

Andi menambahkan, sekarang ini petugas di seluruh instalasi pengolahan air milik PDAM Tirta Musi melakukan peningkatan dosis disinfektan. Penambahan dosis disinfektan, berfungsi sebagai sterilisasi agar air terbebas dari bakteri ecoli dan coliform serta berfungsi mencegah penyebaran corona.

Penambahan disinfektan dilakukan dengan takaran tidak melebihi ambang batas yang diizinkan sesuai dengan ketentuan Permenkes No.49/2010 sehingga tidak membahayakan kesehatan masyarakat jika digunakan untuk keperluan memasak.

"Jika air bersih PDAM Tirta Musi ingin digunakan untuk minum, disarankan air dari kran diendapkan terlebih dahulu minimal satu hari agar disinfektan atau obat pengolahan air yang dosisnya lebih banyak dari biasanya tidak terasa," kata dia.

Selain menambah dosis disinfektan saat pengolahan air bersih, PDAM berupaya menyediakan tempat mencuci tangan di sejumlah tempat umum untuk bisa digunakan masyarakat mencuri tangan agar terhindar dari corona.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto