Ini 4 Daerah di Sumsel yang Bisa Terapkan New Normal

Era Neizma Wedya , Sindonews ยท Senin, 01 Juni 2020 - 09:17 WIB
Ini 4 Daerah di Sumsel yang Bisa Terapkan New Normal
Spanduk new normal (Foto: iNews/Gunanto Farhan)

PALEMBANG, iNews.id - Empat daerah di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) masuk ke dalam 102 daerah yang diizinkan untuk melaksanakan New Normal. Rencananya, New Normal akan diterapkan mulai hari ini, Senin (1/6/2020).

Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Sumsel, Yusri mengatakan, empat daerah di Sumsel yang sementara ini diizinkan menerapkan konsep New Normal adalah Kabupaten Pali, Empat Lawang, Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, dan Kota Pagar Alam.

“Empat daerah yang telah diizinkan itu memang minim kasus positif corona,” kata Yusri.

Yusri menambahkan, dengan minimnya kasus Covid-19 di daerah itu maka akan mempermudah proses tracing. Nantinya, akan dicek dan ditracing antara orang satu dengan yang lain.

“Hal itu membuat proses tracing terhadap orang yang menjalin kontak langsung dengan pasien positif lebih mudah dilakukan, sehingga dapat meminimalisasi penularan,” katanya.

Sementara itu, Juru bicara Covid-19 Sumsel, Prof Yuwono, menilai penerapan New Normal belum dapat dilaksanakan di Palembang. Hal itu karena belum terkendalinya penularan kasus baru corona dan belum maksimalnya uji sampel di BBLK Palembang.

"Saat ini sampel yang masuk ke BBLK Palembang bisa mencapai 1.000 per hari. Sementara kapasitas sampel yang diperiksa hanya sebatas 500 sampel per hari," katanya.

Menurut dia, saat ini total sampel yang masuk ke BBLK Palembang dari 5 provinsi sudah mencapai 10 ribu. Pemeriksaan baru dapat dinyatakan optimal jika kapasitas pemeriksaan per hari sudah mencapai 1.000-1.500 sampel.

"Apalagi syarat New Normal itu apabila reproduksi efetif (Rt) sudah di bawah 1 persen. Maka dari itu secara umum Palembang belum memenuhi syarat New Normal," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto