Hubungkan Angkot, Kereta dan Angkutan Sungai, Pemprov Sumsel Akan Bangun Terminal Multi Moda

Antara ยท Kamis, 06 Februari 2020 - 11:09 WIB
Hubungkan Angkot, Kereta dan Angkutan Sungai, Pemprov Sumsel Akan Bangun Terminal Multi Moda
Jembatan Musi Palembang (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) akan membangun Terminal Multi Moda. Hal ini dilakukan untuk mempermudah transportasi masyarakat dan meningkatkan pendapatan daerah.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, terminal multi mod itu akan memanfaatkan teminal yang sudah ada seperti Terminal Tipe A Karya Jaya Palembang yang berada di Jalan Lintas Palembang-Indralaya.

"Terminal itu rencananya akan dijadikan Terminal Multi Moda yang mengintegrasikan angkutan darat, sungai, dan kereta api," kata Herman kepada wartawan, Kamis (6/2/2020).

Herman menambahkan, dirinya tidak mempermasalahkan meski terminal itu milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dia hanya ingin terminal itu bisa hidup kembali lantaran kondisinya sekarang sepi.

"Dengan adanya rencana itu dipastikan pusat pun akan terbuka dan mendukung karena untuk kepentingan masyarakat," kata dia.

Herman manambahkan, rencananya Pemprov Sumsel akan membangun akses jalan dari belakang terminal Karya Jaya menuju rel kereta api dan dermaga sungai Musi yang berada sekitar 300-400 meter. 

Herman juga memerintahkan Dinas Perhubungan, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang, Dinas Lingkungan Hidup dan lainnya untuk segera menyiapkan semua sarana dan prasarana yang diperlukan.

"Terminal ini nantinya bisa untuk peti kemas, angkutan penumpang dari bus, kereta api dan angkutan sungai, angkutan barang," kata dia.

Nantinya  pengerjaaan akses dan sarana dan prasarana yang diperlukan akan menggunakan APBD Sumsel. Selain itu juga pemerintah daerah akan mengajukan kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan untuk anggaran jika APBD tidak mencukupi.

"Yang jelas kita akan mengkoneksikan sungai, kereta api dan bus," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto