Kebut Pembangunan Jembatan Musi VI, Pemprov Sumsel: Semoga November Sudah Jadi

Antara ยท Rabu, 05 Februari 2020 - 14:18 WIB
Kebut Pembangunan Jembatan Musi VI, Pemprov Sumsel: Semoga November Sudah Jadi
Jembatan Musi (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) menargetkan Jembatan Musi VI Palembang akan beroperasi pada 2020. Proses pengerjaan fisik jembatan yang sudah dibangun sejak 2017 itu akan dimulai kembali pada April 2020 karena sudah mendapatkan alokasi dana APBD senilai Rp85 miliar.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel Darma Budhi mengatakan, akan dilakukan tender di bulan Februari hingga Maret 2020.

"Setelah tender, nanti baru dilanjutkan pekerjaan fisik yang diperkirakan membutuhkan waktu sekitar enam bulan. Semoga pada November 2020 sudah jadi dan bisa operasional," kata Darman, Rabu (5/2/2020).

Darma menambahkan, proses penyelesaian proyek Jembatan Musi IV pada tahun ini akan difokuskan pada pemasangan girder dan pembangunan oprit jembatan.

Selain itu, pemprov juga membangun jalan pendekat di sisi hulu jembatan yakni di kawasan 32 Ilir, dan sisi hilir jembatan yakni di Seberang Ulu I.

Saat disinggung tentang anggaran, Darma Budhi mengatakan, anggaran Rp85 miliar itu tidak sepenuhnya untuk pekerjaan fisik tapi juga diproyeksikan untuk pembebasan lahan di tiga persil yang belum tuntas.

"Tiga persil lahan itu, terdiri atas dua persil di kawasan Seberang Ulu dan satu persil di Seberang Ilir," imbuhnya.

Jembatan Musi VI Palembang mulai dibangun sejak 2017 dengan kebutuhan dana Rp500 miliar. Pekerjaan dilakukan secara bertahap, mulai dari pekerjaan fisik hingga pembebasan lahan.

Pada Anggaran Belanja Tambahan (ABT) 2019, pemprov telah menyelesaikan pemasangan balok grider dan pengecoran empat segmen lantai jembatan dengan menggunakan anggaran Rp10,4 miliar. Sementara ini, pekerjaan fisik sudah mencapai sekitar 60 persen.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto