Jalankan Instruksi Presiden Jokowi, Gubernur Herman Ajak Warga Sumsel Antisipasi Bencana

Antara ยท Rabu, 05 Februari 2020 - 21:15 WIB
Jalankan Instruksi Presiden Jokowi, Gubernur Herman Ajak Warga Sumsel Antisipasi Bencana
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (Bambang Irawan/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru mengajak seluruh masyarakat Sumsel untuk bersama-sama mengatasi bencana alam. Hal ini diungkapkan Herman terkait instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menekankan peran aktif para kepala daerah dalam mengatasi bencana alam.

"Sesuai instruksi Presiden Jokowi agar semua daerah harus mengantisipasi timbulnya bencana," kata Herman, Rabu (5/2/2020).

Herman menambahkan, dalam instruksi itu, kepala daerah diwajibkan berperan aktif untuk melakukan pencegahan bencana alam seperti kebakaran hutan dan lahan (karhutla) secara dini.

"Pemprov Sumsel akan berupaya untuk menekan terjadinya potensi kebakaran hutan dan lahan melalui sejumlah langkah pencegahan dengan melibatkan peran serta masyarakat," kata dia.

Herman sadar betul jika wilayahnya sangat rawan terjadi karhutla. Lebih lanjut Herman mengatakan, tanda-tanda titik api biasanya terjadi di bulan Maret.

"Kami akan siagakan petugas pemadaman sehingga begitu terjadi kebakaran hutan dan lahan segera diatasi. Kami upayakan di masa mendatang karhutla dan bencana alam lainnya dapat kita kurangi melalui upaya preventif, sehingga korban dampak bencana dan kerugian dapat kami minimalisir," kata dia.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menekankan jajaran kepala daerah, gubernur, bupati dan wali kota di Indonesia untuk mengantisipasi bila terjadi bencana alam. Hal ini diungkapkan Jokowi saat Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2020 dengan tema "Bencana Urusan Bersama".

Menurut Jokowi, sejumlah bencana yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia tidak terlepas dari faktor perubahan iklim sehingga pemerintah pusat maupun daerah harus konsentrasi dalam penanggulangan bencana.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto