Sepekan ke Depan, Wilayah Sumsel Diprediksi Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang

Antara ยท Selasa, 04 Februari 2020 - 23:30 WIB
Sepekan ke Depan, Wilayah Sumsel Diprediksi Diguyur Hujan Disertai Angin Kencang
Ilustrasi hujan (Dok/iNews)

PALEMBANG, iNews.id - Wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) diprediksi akan dilanda hujan disertai petir dan angin kencang pada awal Februari 2020. Kondisi ini akan meningkat pada tanggal 3-7 Februari 2020 dan turun pada 8-10 Februari 2020.

"Secara khusus hujan yang disebabkan awan konvektif dan orografis pada siang-sore hari di wilayah Sumsel akan terjadi," ujar Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Bambang Beny Setiaji, Selasa (4/2/2020).

Bambang menambahkan, curah hujan dan angin kencang masih dipengaruhi aktifitas menguatnya angin muson China Selatan yang melalui wilayah Sumsel dan sarat uap air.

Kondisi lokal permukaan wilayah Sumsel yang berawan, menjadi penyuplai uap air serta adanya pusat tekanan rendah di wilayah Australia serta Sirkulasi Eddy di Samudera Hindia memunculkan belokan serta pertemuan massa udara (konvergensi) di wilayah Sumsel yang meningkatkan pertumbuhan awan konvektif atau awan hujan akibat pemanasan matahari.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, di wilayah Sumsel bagian barat, angin lembah mendapat pasokan uap air dari Samudera Hindia yang meningkatkan pertumbuhan awan orografis atau awan hujan akibat ketinggian permukaan.

"Berdasarkan kondisi regional dan lokal inilah peningkatan dan kontinyuitas curah hujan di wilayah Sumsel bagian barat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi," kata dia.

Bencana hidrometeorologi berpotensi terjadi di Kabupaten Musi Rawas, Empat Lawang, Lahat, Muratara, Muara Enim, Musi Banyuasin, Penukal Abab Pematang Ilir, Muara Enim, dan Kota Lubuklinggau.

Sedangkan angin kencang, puting beliung, dan banjir berpotensi terjadi di Kota Pagaralam, Prabumulih, Palembang, Kabupaten Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, dan Ogan Ilir.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto