Gubernur Sumsel Minta Pengusaha Perkebunan Cegah Karhutla

Antara · Rabu, 24 Juni 2020 - 15:28 WIB
Gubernur Sumsel Minta Pengusaha Perkebunan Cegah Karhutla
Gubernur Sumsel Herman Deru saat meninjau lokasi ngamuknya gajah (Dok Pemprov Sumsel)

PALEMBANG, iNews.id - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru meminta perusahaan perkebunan untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Hal ini dilakukan agar tidak terjadi karhutla dan kabut asap di wilayah Sumsel.

"Segera antisipasi sedini mungkin termasuk usaha perkebunan agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan," kata Herman, Rabu (24/6/2020).

Herman menegaskan, dirinya tidak mau karhutla kembali terulang pada tahun 2020 ini.

"Karhutla ini rutin setiap tahun tidak bisa kita pungkiri. Makanya perusahaan perkebunan selain jaga aset, pikirkan juga tanggung jawab sosial dan lingkungan," kata dia.

Memang, lanjut gubernur, perusahaan perkebunan telah mengantipasi seperti pembuatan embung. Bahkan perusahaan juga telah melaksanakan patroli dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan tersebut.

Namun semuanya itu harus dimaksimalkan lagi agar kabut asap seperti pada 2015 akibat kebakaran hutan tidak terulang kembali.

Menurut Herman, selain fokus mengelola lahan, koorporasi juga mesti memikirkan lingkungan sekitarnya termasuk soal masalah lahan yang kerap masih bermasalah dengan masyarakat.

“Jika bisa diselesaikan dengan jalan musyawarah dan menguntungkan kedua belah pihak. Bisa dicoba dikelola secara kemitraan, carikan solusi itu agar tidak menguras energi dengan masalah yang itu-itu saja, katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto