Polda, KPU dan Bawaslu Sumsel Gelar Pertemuan Bahas Pengamanan Pilkada

Antara ยท Selasa, 23 Juni 2020 - 18:37:00 WIB
Polda, KPU dan Bawaslu Sumsel Gelar Pertemuan Bahas Pengamanan Pilkada
Polda, KPU dan Bawaslu Sumsel Gelar Pertemuan Bahas Pengamanan Pilkada (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Kepolisian Daerah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Selatan (Sumsel) menggelar pertemuan untuk membahas pengamanan seluruh tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di tujuh kabupaten Sumsel. Pertemuan itu digelar di Mapolda Sumsel, Selasa (23/6/2020).

Pertemuan itu dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri S bersama Ketua KPU Sumsel Kelly Maryana, Ketua Bawaslu Sumsel Iin Irwanto diikuti para ketua partai politik dan anggota KPU dan Bawaslu tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada melalui konferensi video.

Kapolda Irjen Pol Eko pada kesempatan itu mengatakan, pihaknya berupaya menurunkan semua kekuatan untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada secara serentak.

Pilkada serentak di Sumsel digelar di tujuh kabupaten yakni Kabupaten Ogan Ilir, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Timur, OKU Selatan, Pali, Musirawas, dan Kabupaten Musirawas Utara.

"Semua kekuatan yang ada di Polres didukung personel Brimob Polda Sumsel ketika diputuskan Pilkada 2020 ini tetap dilaksanakan dengan menyesuaikan kondisi pandemi COVID-19, mulai melakukan persiapan pengamanan pilkada agar seluruh tahapan pesta demokrasi itu berjalan sesuai dengan ketentuan," kata Eko.

Menurut dia, personel dengan persenjataan memadai, peralatan penjinak bahan peledak dan penghalau massa siap diturunkan untuk menjaga kondisi kamtibmas tetap kondusif.

"Pelaksanaan pilkada membutuhkan suasana yang aman dan nyaman sehingga masyarakat yang memiliki hak suara dapat menyalurkan pilihannya kepada pasangan calon kepala daerah sesuai dengan hati nuraninya," katanya.

Jika sampai terjadi gangguan kamtibmas pada suatu daerah yang menggelar pilkada, kata dia, masyarakat tidak bisa dengan tenang menyalurkan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani, jujur, dan adil.

Sementara Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengatakan, pihaknya meminta dukungan pengamanan dari Polda Sumsel dan jajarannya terutama di tujuh kabupaten yang akan menggelar pilkada.

Menurut dia, untuk menghadapi beberapa tahapan persiapan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati hingga pelaksanaan pemilihan dan pelantikan calon terpilih membutuhkan dukungan pengamanan dari pihak kepolisian.

"Kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif selama ini diharapkan bisa dipelihara dengan baik sehingga pilkada di tujuh kabupaten,” kata Kelly.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto