Gubernur Herman Deru: Taman Wisata Mangrove Sumsel Siap Saingi Bali

Bambang Irawan · Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:45:00 WIB
Gubernur Herman Deru: Taman Wisata Mangrove Sumsel Siap Saingi Bali
Gubernur Sumsel Herman Deru Tanam Mangrove (Bambang Irawan/iNews)

BANYUASIN, iNews.id - Mimpi masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel) untuk memiliki taman wisata mangrove atau hutan bakau yang populer seperti di pulau Bali sangat mungkin segera terwujud. Untuk mewujudkan impian tersebut, Gubernur Sumsel Herman Deru dan jajaran menanam mangrove di Pelabuhan Tanjung Api-Api, Kabupaten Banyuasin, Senin (3/8/2020).

"Taman wisata mangrove ini jangan jadi mimpi lagi dan ini tuan rumahnya Banyuasin. Di sini juga ada Taman Sembilang tempat burung Siberia dan pemandangannya indah sekali. Ini potensial sekali, tapi kita butuh bantuan Kementerian juga karena kalau mengandalkan APBD kabupaten tentu tidak cukup," kata Herman Deru.

Pria yang kerap disapa HD ini menambahkan, Pemprov Sumsel butuh kerjasama dan dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Pemkab setempat yakni Kabupaten Banyuasin.

Selain dapat menjadi destinasi wisata yang menarik, keberadaan hutan mangrove sangatlah penting bagi ekosistem di sekitarnya karena mangrove juga dapat mencegah terjadinya abrasi.

"Kita lihat sendiri sedimentasi di sini begitu cepat. Ini diakibatkan karena mangrovenya banyak yang rusak. Karena dibuat orang menjadi arang. Harus ada terobosan agar perajin arang punya alternatif menggunakan kayu lain agar mangrove kita tidak rusak. Mereka harus diberikan pelatihan" kata HD.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto