Duduk Santai di Desa, Sekali Beraksi Pemuda Ini Tipu Nasabah Bank Rp250 Juta

Firdaus · Jumat, 12 Agustus 2022 - 10:58:00 WIB
 Duduk Santai di Desa, Sekali Beraksi Pemuda Ini Tipu Nasabah Bank Rp250 Juta
Dwiki mempraktikkan berbicara dengan nasabah bank atau calon korban melalui telepon. (Foto: Firdaus)

PALEMBANG, iNews.id - Mungkin semua pengguna ponsel pernah dihubungi seseorang dengan suara yang khas mengaku dari bank tertentu. Jika pernah, berarti pelaku penipuan pernah mencoba membobol rekening Anda. 

Modus penipuan seperti ini terbongkar setelah Polda Sumsel menangkap tiga pemuda desa di Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). 

"Kami dari bank ingin menginformasikan perubahan tarif transfer antarbank yang biasanya Rp6.500 per transfer menjadi bulanan. Jika tidak dan ingin kembali tarif lama, silakan buka aplikasi dan masukan PIN," ujar Dwiki (21) salah satu tersangka mempraktikkan penipuan yang dilakukannya di Mapolda Sumsel, Kamis (12/8/2022). 

Dengan suara yang khas dan intonasi yang meyakinkan, terakhir Dwiki bersama dua rekannya Ripers (29) dan Aldo (23) serta tiga pelaku lain (DPO) berhasil mengambil uang Rp250 juta dari rekening korbannya. 

Modusnya, sindikat ini menghubungi secara acak sambil menjelaskan perubahan tarif baru biaya transaksi. Setelah calon korban berhasil dihubungi dan mengikuti perintah membuka aplikasi dan memasukkan password, data korban dicuri dan rekeningnya dikuras. 

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: