Hikmah

Doa Tolak Bala Rebo Wekasan dan Artinya agar Dijauhkan dari Marabahaya

Kastolani ยท Selasa, 20 September 2022 - 23:28:00 WIB
Doa Tolak Bala Rebo Wekasan dan Artinya agar Dijauhkan dari Marabahaya
Bacaan doa tolak bala Rebo Wekasan yang bisa diamalkan agar dijauhkan dari marabahaya. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Doa tolak bala Rebo Wekasan atau Rabu terakhir Bulan Safar merupakan ikhtiar batin agar dihindarkan dari marabahaya.

Rabu Wekasan jatuh pada Hari Rabu, 21 September 2022. Sebagian masyarakat Nusantara, khususnya di Jawa, melakukan ritual khusus di Rebo Wekasan untuk menolak bala' atau musibah yang dipercaya turun di hari itu.

Dikutip dari @ulamagaleri, Bulan Safar dalam pandangan Islam, itu sama dengan bulan lainnya. Bukan bulan bala’ atau bulan yang penuh musibah dan lain-lainnya. Namun menurut sebagian ulama ahli ma'rifat dari golongan ahli mukasyafah dalam kitab “Kanzun Najah Wassurur” karya Syekh Abdul Hamid Al Qudsy, menerangkan bahwa: 

“Setiap tahun Allah menurunkan bala’ ke dunia sebanyak 320.000 macam bala’ (malapetaka) untuk satu tahun”. Tepatnya bala’ itu turun pada Rabu terakhir dari bulan Shafar atau yang terkenal dengan sebutan “Rebo Wekasan” untuk satu tahun ke depan.

Pada waktu itu merupakan hari terberat dari sekian banyak di hari selama satu tahun. Keterangan tersebut sesungguhnya mengingatkan agar semakin mendekatkan diri, ber-taqarrub kepada Allah Swt. 

Dari keterangan tersebut mengingatkan jangan sampai meyakini bahwa Rabu Wekasan adalah hari buruk. Muslim dianjurkan bermuhasabah dengan datangnya 300.000 cobaan sebagaimana keterangan dari sebagian Ahli Kasyf di atas.

Namun tetap harus berperasangka baik kepada Allah Swt akan hari tersebut. Tidak meyakininya sebagai hari buruk.

Muslim harus yakin bahwa semua yang terjadi pada Rabu Wekasan apakah itu baik atau buruk merupakan takdir dan kehendak Allah. Seperti tertera dalam rukun iman yang kelima. Yakni meyakini qadha` dan qadar baik dan buruk itu berasal dari Allah.

Doa Tolak Bala Rebo Wekasan

Bermuhasabah sesungguhnya tidak memiliki waktu tertentu termasuk di Rebo Wekasan akhir bulan Safar. Sebab tidak ada istilah “hari sial” dalam pandangan syari’at.

Namun, sebagian ulama menganjurkan untuk melakukan amaliyyah atau amalan dan doa khusus di hari Rabu Wekasan. Di antaranya membaca doa tolak bala.

Editor : Kastolani Marzuki

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: