Distributor Ikan Giling Berformalin di Palembang Sudah Setahun Beroperasi

Era Neizma Wedya · Sabtu, 01 Mei 2021 - 09:09:00 WIB
Distributor Ikan Giling Berformalin di Palembang Sudah Setahun  Beroperasi
)Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satya Putra memperlihatkan tumpukan daging ikan giling diduga mengandung formalin. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id – Tim gabungan mengungkap peredaran ikan giling mengandung formalin dengan barang bukti 8,3 ton ikan berpengawet siap edar di Palembang. Polisi menduga, distributor nakal ini telah setahun beroperasi di kota pempek. 

Temuan yang mengejutkan ini, hasil penggerebekan tim gabungan Unit Pidsus Polrestabes Palembang, BPOM, Balai Karantina Ikas Kelas I dan Dinas Perikanan Kota Palembang, Jumat (30/4/2021) malam. Ribuan kilogram ini berformalin itu ditemukan di sebuah gudang di Pasar Induk Jakabaring Kota Palembang. 

"Diduga menggunakan bahan pengawet dalam bentuk formalin, semua kita sita sebanyak 8,3 ton ikan giling merk Isti yang ada di Pasar Induk Jakabaring Palembang," ujar Kapolrestabes Palembang Kombes Pol Irvan Prawira Satya Putra didampingi Kasat Reskrim Kompol Tri Wahyudi, Jumat (30/4/2021) malam.

Formalin yang digunakan dalam ikan giling tersebut melebihi kadar bahan pangan yang ditetapkan, sehingga sangat membahayakan jika dikonsumsi. Kapolrestabes menuturkan, perusahaan dan distributor ikan giling berformalin tersebut diduga telah beroperasi selama satu tahun. "Menjelang hari raya permintaan semua bahan pokok tinggi, sehingga pihak pemasok menambah pasokan, dan itulah dimanfaatkan pelaku," katanya. 

Dari pengungkapan tersebut, dua orang yakni dati PT CI dan Z, yang merupakan distributor ikan giling di kota pempek. "Kini kita sedang kembangkan dari mana asal ikan giling merk Isti ini,” katanya. 

Editor : Berli Zulkanedi