Dinkes Sumsel Minta Warga Tak Ajak Lansia Liburan ke Tempat Wisata

Berli Zulkanedy ยท Rabu, 28 Oktober 2020 - 09:28:00 WIB
Dinkes Sumsel Minta Warga Tak Ajak Lansia Liburan ke Tempat Wisata
Tempat wisata di Sumatera Selatan. (Foto iNews/Berli Zulkanedy).

PALEMBANG, iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) meminta warga tidak mengajak anggota keluarga yang lanjut usia pergi berlibur ke tempat wisata. Pasalnya mereka rentan terpapar Covid-19.

Warga Sumsel diimbau tidak membawa anggota keluarga yang berusia lanjut pergi liburan ke tempat wisata karena cukup rentan terpapar virus Corona. Mereka yang berusia lanjut biasanya memiliki penyakit bawaan dan memiliki imunitas yang rendah.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumsel Yusri mengatakan, usia 55 tahun ke atas menyumbang kematian kasus Covid-19 paling banyak di Sumsel karena imunitas cenderung rendah dibandingkan usia di bawahnya. Mereka juga biasanya memiliki penyakit bawaan.

"Kalau anak-anak atau remaja yang positif harapan sembuhnya lebih tinggi karena ada imunitas," ujarnya, Selasa (27/10/2020).

Data Satgas Covid-19 Sumsel per 26 Oktober mencatat kasus positif usia 55 tahun ke atas berjumlah 1.444 kasus atau mencapai 19,15 persen dari total 7.543 kasus konfirmasi positif.

Sedangkan angka kematian usia 55 tahun ke atas berjumlah 244 orang atau mencapai 59,8 persen dari total 409 kasus kematian di Sumsel. Mayoritas memiliki penyakit bawaan serta datang ke rumah sakit sudah dalam kondisi klinis berat.

Editor : Faieq Hidayat

Halaman : 1 2