Digitalisasi, Strategi UMKM Bertahan dan Berkembang Lewati Pandemi
Dijelaskan Ivander, inisiatif Hyperlocal juga untuk mempercepat digitalisasi UMKM lokal. Kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP) merupakan salah satu wujud inisiatif Hyperlocal.
"Sejak mengikuti program KTP Palembang di Tokopedia, penjualan meningkat pesat hingga tiga kali lipat dengan kenaikan omzet mencapai 30 persen," ujar Rita Damayanti, pelaku UMKM Pemilik Warung Bu Neneng asal Kota Palembang.
Sementara itu, Kepala Divisi Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Emmiryzan mengatakan, bersama pemerintah pusat dan daerah juga telah menghadirkan inisiatif digitalisasi pasar.
"Langkah ini untuk membantu pedagang di pasar tradisional berbagai daerah, mulai dari Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Makassar, Kab. Bandung hingga Tasikmalaya dapat memanfaatkan teknologi agar mereka bisa tetap beradaptasi, terutama di tengah masa pandemi seperti saat ini," katanya.
Editor: Berli Zulkanedi