Digitalisasi, Strategi UMKM Bertahan dan Berkembang Lewati Pandemi
PALEMBANG, iNews.id - Pandemi yang tak kunjung berakhir, UMKM dapat memanfaatkan teknologi untuk bertahan dan berkembang. Untuk itu, Tokopedia terus membantu jutaan penjual di platformnya yang hampir 100 persen UMKM lokal termasuk Palembang mampu menciptakan peluang lewat inisiatif Hyperlocal.
"Pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia menjadi misi besar Tokopedia, dan ini hanya bisa terwujud jika masyarakat punya kesempatan sama dalam menemukan berbagai produk kebutuhan dengan mudah hingga menciptakan peluang usaha, bahkan di tengah pandemi. Inilah yang melatarbelakangi kehadiran inisiatif Hyperlocal yang akan terus diusung di usia baru Tokopedia," ujar Senior Lead Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Ivander Wijaya, Kamis (5/8/2021).
Menurut Ivander, inisiatif Hyperlocal yang diluncurkan pertengahan tahun 2020 ini telah mendorong peningkatan transaksi di Tokopedia selama kuartal kedua 2021 dibanding kuartal kedua 2020.
Di Jabodetabek misalnya, kategori Kesehatan dan Perawatan Diri, Fashion, Ibu dan Anak serta Fesyen Anak, Kecantikan dan Otomotif menjadi paling laris.
"Sedangkan di Palembang, kategori Ibu dan Anak, Fesyen Anak, Fashion, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman serta Kecantikan merupakan kategori dengan pertumbuhan paling pesat selama kuartal kedua 2021 dibandingkan kuartal kedua 2020," katanya.
Editor: Berli Zulkanedi