Deretan Benda yang Digunakan Pembunuh Sadis dalam Rumah Tangga, dari Tabung Gas hingga Cobek

Tim Litbang MPI, Pratitis Nur Kanariyati ยท Senin, 29 November 2021 - 17:31:00 WIB
Deretan Benda yang Digunakan Pembunuh Sadis dalam Rumah Tangga, dari Tabung Gas hingga Cobek
Ilustrasi pembunuhan dalam rumah tangga (iNews.id)

JAKARTA, iNews.id - Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) kerap terjadi di Indonesia, bahkan tak jarang berakhir dengan pembunuhan sadis. Alat untuk membunuh juga benda-benda yang biasa ditemukan di rumah, dari tabung gas hingga cobek.
 
KDRT atau domestic violence merupakan kekerasan berbasis gender yang terjadi di ranah personal. Kekerasan ini banyak terjadi dalam hubungan relasi personal. Pelaku adalah orang yang dikenal baik dan dekat oleh korban, misalnya tindak kekerasan yang dilakukan suami terhadap istri, ayah terhadap anak, paman terhadap keponakan, atau kakek terhadap cucu.

Bentuk-bentuk kekerasan yang tertuang di UU Penghapusan KDRT (PKDRT) meliputi kekerasan fisik di Pasal 6, kekerasan psikis (Pasal 7), kekerasan seksual (Pasal 8) dan penelantaran rumah tangga (Pasal 9). 

Berbicara mengenai kekerasan fisik, umumnya pelaku tindak KDRT atau pembunuhan di rumah tangga sering menggunakan alat-alat yang ada di dalam rumah untuk melancarkan aksinya. 

Berikut deretan benda yang digunakan pelaku melakukan pembunuhan sadis dalam rumah tangga, dirangkum Senin (29/11/2021):

1. Palu dan Pipa Besi

Pembunuhan sadis terjadi terhadap RDS (56) pada Jumat (17/9/2021) malam pukul 22.30 WIB di Jalan Emprit Mas Nomor 10 RT 004 RW 007 Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Diduga, korban dibunuh oleh SL (56), suami siri korban. 

Tak tanggung-tanggung, dalam melancarkan aksinya pelaku menggunakan palu dan pipa besi. Diduga, palu digunakan pelaku untuk memukul kepala korban. Sedangkan pipa besi sebagai sarana pengaburan fakta oleh pelaku agar tidak diketahui warga.

Alhasil korban meninggal dan mengalami pendarahan di batang otaknya akibat pukulan benda tumpul berulang kali. Pelaku pun dikenai Pasal 340 KUHP tentang Pembunuhan Berencana subsider Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan. 

Editor : Maria Christina

Bagikan Artikel: