Depresi Dikarantina, Seorang PDP di Lubuklinggau Dipulangkan

Era Neizma Wedya , Sindonews ยท Selasa, 19 Mei 2020 - 10:33 WIB
Depresi Dikarantina, Seorang PDP di Lubuklinggau Dipulangkan
Ilustrasi karantina. (Foto: Istimewa)

LUBUKLINGGAU, iNews.id - Seorang pasien dalam pengawasan (PDP) corona atau Covid-19 yang berada di Rumah Sehat Silampari, Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Sumsel) dipulangkan. Dia dipulangkan karena mengalami depresi lantaran terlalu lama dikarantina.

"Untuk kondisi warga yang diisolasi di rumah sehat semuanya sehat, hanya satu yang depresi. Akhirnya karena khawatir, kami suruh isolasi mandiri," kata Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe, Selasa (19/8/2020).

Prana menambahkan, sebelum pulang pasien itu diminta untuk membuat dan menandatangani surat pernyataan. Terlbih, pasien dalam kondisi depresi.

"Daripada depresi dan ada apa-apa di sana, mending dia keluar agar tenang. Sebab ketenangan adalah bagian dari obat Covid-19," kata dia.

Prana mengatakan, orang yang dikarantina di Rumah Sehat Silampari diberi kuota internet gratis agar mereka tidak jenuh dan bisa melihat dunia luar

"Lalu cara lainnya, nanti dalam waktu dekat ini ibu-ibu PKK Kota Lubuklinggau akan memberikan pekerjaan membuat kerajinan supaya tidak jenuh. Intinya kerajinan ini bermanfaat bagi mereka," kata dia.

Prana menyampaikan mengapa hal tersebut dilakukan, sebab ada pasien sudah enam kali diambil swab test-nya. Artinya yang bersangkutan sudah satu bulan lebih di sana.

"Yang dikhawatirkan ketika sudah satu bulan pasien itu akan tambah depresi. Itulah kami coba menenangkan dan meminta pasien tetap sabar sembari akan memenuhi kebutuhannya," katanya.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto