Daerah Penghasil Batu Bara di Provinsi Sumatera Selatan, Tidak Hanya Tanjung Enim

berli · Sabtu, 24 September 2022 - 06:37:00 WIB
Daerah Penghasil Batu Bara di Provinsi Sumatera Selatan, Tidak Hanya Tanjung Enim
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang. (Foto: Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Daerah penghasil batu bara di Sumatera Selatan menarik untuk diketahui. Karena batu bara atau emas hitam di Sumatera Selatan tidak hanya di perut bumi Tanjung Enim, Muara Enim, wilayah pertambangan PT Bukit Asam Tbk. 

Hampir semua daerah di Sumsel memiliki cadangan batu bara, beberapa daerah di antaranya telah berproduksi secara besar-besaran. 

Mengutip data laman resmi Kementerian ESDM dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM Sumatera Selatan, per akhir 2021 terdapat sedikitnya 196 IUP (Ijin Usaha Pertambangan) batu bara yang tersebar di sekitar 13 daerah (kabupaten dan kota). Sebanyak 129 IUP dengan status berproduksi. 

Cadangan batu bara Sumatera Selatan cukup untuk memenuhi kebutuhan energi hingga satu abad ke depan. Berdasarkan data, cadangan batu bara di Bumi Sriwijaya sebanyak 22,2 miliar ton. 

Dari jumlah itu, produksi batu bara Sumsel baru sekitar 50 juta ton per tahun. Lebih dari setengahnya diproduksi PT Bukit Asam Tbk, BUMN tambang batu bara yang berada di Muara Enim. 

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: