Berantas Tambang Ilegal, Polda Sumsel Tutup 998 Sumur Minyak dan Tangkap 6 Pelaku

Dede Febriansyah ยท Selasa, 05 Oktober 2021 - 12:40:00 WIB
Berantas Tambang Ilegal, Polda Sumsel Tutup 998 Sumur Minyak dan Tangkap 6 Pelaku
Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto menegaskan pihaknya telah menutup ratusan sumur minyak ilegal. (Foto: Dede)

PALEMBANG, iNews.id - Pemberantasan penambangan minyak ilegal yang banyak di Sumatera Selatan (Sumsel) kembali dimulai. Polda Sumsel menutup 988 sumur minyak ilegal dan menangkap enam pelaku. 

Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap illegal drilling dan illegal mining. Hasilnya, sebanyak 998 sumur minyak ilegal ditutup dan menangkap sejumlah tersangka.

"Kami telah melakukan penutupan sebanyak 998 sumur minyak ilegal yang tersebar di wilayah Sumsel, termasuk juga mengamankan enam orang tersangka beserta alat bukti," ujar Kapolda, Selasa (5/10/2021).

Ditutupnya ratusan sumur minyak ilegal yang telah menjadi mata pencaharian warga setempat, lanjut Toni, pihaknya juga akan berkomunikasi dengan pemda setempat terkait penyiapan lapangan kerja yang memadai.

"Kita pastikan sanksi hukum yang tegas bagi hilir yakni koorporasi SPBU dan pelaku perorangan ilegal drilling untuk memutus mata rantai yang menampung. Jadi, penadah minyak ilegal pun akan ditindak," katanya.

Menurutnya, untuk pelaku penambangan ilegal driling dapat dilakukan perekrutan ke perusahaan sebagai upaya pembinaan rakyat penambang ilegal. Atau bisa juga dengan memberi bantuan CSR yang dapat digunakan sebagai perbantuan pemodalan dan pelatihan pembinaan bagi pelaku ilegal driling.

"Kita juga bakal melakukan upaya recovery terhadap kerusakan lingkungan hidup dan melakukan lidik dan gakkum terhadap pemodal ilegal driling," ucap Toni.

Editor : Berli Zulkanedi

Follow Berita iNewsSumsel di Google News

Bagikan Artikel: