Belajar Otodidak, Petani Karet Ini Merakit dan Menjual Puluhan Senpi dan Amunisi 

Era Neizma Wedya · Rabu, 17 Maret 2021 - 09:39:00 WIB
Belajar Otodidak, Petani Karet Ini Merakit dan Menjual Puluhan Senpi dan Amunisi 
Senpi laras pendek dan panjang rakitan seorang petani. (Foto: Ist)

MUARA ENIM, iNews.id - Sejak 2014 lalu ketika harga karet tidak lagi menarik, Sabtudin (45) petani di Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel) merakit dan menjual senpi larang panjang dan pendek serta amunisi. Akibat perbuatannya itu, Sabtudin ditangkap polisi dan terancam hukuman kurungan penjara dalam waktu lama. 

Kapolres Muara Enim, AKBP Danny Sianipar melalui Kasatreskrim, AKP Dwi Satya, mengatakan pelaku diamankan saat tengah memproduksi senjata api di rumahnya. Menurutnya, pengungkapan kasus ini atas laporan masyarakat yang resah dengan aktivitas jual beli senjata api rakitan yang dilakukan oleh pelaku. "Petugas juga mengamankan barang bukti sejumlah alat yang digunakan untuk memproduksi senjata api ini," katanya, Selasa (16/3/2021).

Kepada petugas, Sabtudin mengaku belajar senjata api secara otodidak dan meniru pistol mainan. Sedangkan untuk laras panjang, tersangka yang merupakan warga Desa Dangki, Kecamatan Empat Petulai Dangku meniru senapan angin. "Awalnya menggunakan senjata mainan sebagai contoh," katanya.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2