Membanggakan, Karet Petani Sumsel Jelajahi Sejumlah Negara

Antara · Rabu, 17 Maret 2021 - 09:18:00 WIB
Membanggakan, Karet Petani Sumsel Jelajahi Sejumlah Negara
Aktivitas petani di kebun karet. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Ekspor karet remah (crumb rubber) produksi petani Sumatera Selatan menjelajahi sejumlah negara di dunia dalam setahun terakhir. Tidak hanya India dan China, karet yang diproduksi petani di Sumsel masuk ke Belgia, Jepang hingga Amerika Serikat.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Selatan Endang Tri Wahyuningsih di Palembang, mengatakan bahkan komoditas karet Sumsel ini dipastikan ada di negara-negara yang menjadikannya bahan baku untuk industri. “Ini sesuatu yang membanggakan karena karet Sumsel itu ada di India, China, Vietnam, Belgia, Jepang, Korea Selatan hingga Amerika Serikat. Tidak hanya ke India dan China saja,” ujarnya, Selasa (16/3/2021).

Volume ekspor karet Sumsel pada Februari 2021 tercatat 84,05 ribu ton dengan nilai mencapai 135,10 juta dolar AS (USD). Walau terjadi penurunan jika dibandingkan bulan sebelumnya, tapi secara nilai telah berkontribusi terbesar pada ekspor Sumsel. “Tinggal lagi bagaimana menjaga mutu karetnya (bokar harus bersih). Ini yang menjadi tanggung jawab bersama, supaya ekspor karet ini bisa sustainable (berlanjut),” kata dia.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2 3