Begal Mobil Pajero Sport Tertangkap, Pelaku Residivis Pembunuhan dan Curanmor

Firdaus ยท Jumat, 03 Juli 2020 - 15:13 WIB
Begal Mobil Pajero Sport Tertangkap, Pelaku Residivis Pembunuhan dan Curanmor
Joni alias Usaman Kobra pelaku begal mobil Pajero Sport di Palembang (Firdaus/iNews)

PALEMBANG, iNews,id - Jajaran Subdit Jatanras Polda Sumatera Selatan (Sumsel) menangkap satu dari dua pelaku begal. Pelaku bernama Joni alias Usaman Kobra (46) ini ditangkap setelah membegal mobil milik seorang wanita.

Kasubdit Jatanras Polda Sumsel Kompol Suryadi mengatakan, pelaku merupakan warga Mariana Ilir, Banyuasin ditangkap beberapa hari yang lalu. Dia ditangkap setelah membegal seorang wanita dengan mengaku sebagai anggota polisi.

"Satu dari dua pelaku pembegalan sudah kami tangkap," kata Suryadi, Jumat (1/7/2020).

Suryadi menambahkan, korbannya merupakan seorang wanita berinisial ST (37) warga Kompleks Citra Grand City Palembang, Sumsel. Insiden itu terjadi pada Senin (29/6/2020).

Saat itu korban perjalanan pulang dari sekolah anaknya di kawasan Kompleks Bukit Sejahtera Palembang. Saat kejadian korban berkendara seorang diri. Tidak lama di sekitar Sekolah Harapan kedua pelaku memepet korban dan mengetuk kaca. Karena takut, korban berhenti dan salah satu pelaku langsung masuk ke dalam mobil dan korban dipaksa bergeser ke samping.

Mobil Pajero Sport yang diambil para pelaku (Firdaus/iNews)
Mobil Pajero Sport yang diambil para pelaku (Firdaus/iNews)

"Modusnya mengakui sebagai anggota Polri dan menuduh korban terlibat perdagangan narkoba. Untuk meyakinkan korbannya, pelaku mengenakan kaos berlambang Polri," kata dia.

Korban, kata Suryadi juga sempat diborgol kemudian dibawa oleh pelaku. Setelah melaju beberapa meter, korban ditinggalkan di pinggir jalan oleh pelaku dengan tangan terborgol.

Sementara itu, pelaku Joni membantah jika dirinya mengaku sebagai polisi. Menurut dia, yang mengaku yakni Rustam (DPO).

"Rustam pak yang ngaku jadu polisi. Dia juga yang bilacng akan mengamankan kendaraannya. Saya cuma borgol saja," kata Joni.

Barang bukti aksi begal di Palembang (Firdaus/iNews)
Barang bukti aksi begal di Palembang (Firdaus/iNews)

Untuk diketahui, Joni dan Rustam merupakan residivis berbagai kasus.

"Dua pelaku ini residivis, merampok nasabah, pencurian kendaraan bermotor, pelaku pembunuhan, usia 14 membunuh, 33 membunuh juga," kata dia.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Kekerasan dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto