Banyak Kepala Daerah Korupsi Termasuk dari Sumsel, Mendagri: Bisa karena Serakah atau Kebutuhan

Dita Angga ยท Selasa, 31 Agustus 2021 - 15:18:00 WIB
Banyak Kepala Daerah Korupsi Termasuk dari Sumsel, Mendagri: Bisa karena Serakah atau Kebutuhan
Banyak kepala daerah yang korupsi disebutkan karena serakah atau situasi yang mendesak untuk mengembalikan biaya kampanye. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Kepala daerah yang tersangkut korupsi terus bertambah. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan korupsi bisa teradi karena beberapa hal, di antaranya serakah atau situasi. 

Terbaru, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan suaminya ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan suap seleksi jabatan di Pemkab Probolinggo tahun 2019. Sebelumnya sudah banyak kepala daerah terjaring, termasuk di antaranya dari Muara Enim, Sumatera Selatan (Sumsel). 

“Tindak pidana korupsi bisa terjadi karena greedy, serakah. Atau yang kedua karena need, situasi yang membuat itu,” katanya dalam acara Launching Sinergitas Pengelolaan Bersama Monitoring Centre For Prevention(MCP) dan Rakorwasdanas Tahun 2021, Selasa (31/8/2021).

Terkait hal tersebut Tito menyoroti adanya biaya politik yang tinggi yang tinggi saat pilkada. Bahkan pendapatan kepala daerah selama menjabat jika dihitung akan sulit menutupi pengeluaran biaya politik saat pilkada.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: