Banjir Terjang Ogan Komering Ulu, Ratusan Rumah dan Akses Jalan Terendam 

Berli Zulkanedy · Jumat, 21 Mei 2021 - 17:42:00 WIB
Banjir Terjang Ogan Komering Ulu, Ratusan Rumah dan Akses Jalan Terendam 
Banjir menerjang wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). (Foto: BNPB)

OGAN KOMERING ILIR, iNews.idBanjir menerjang wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), sejak Kamis (20/5/2021), pukul 19.00 WIB hingga Jumat (21/5/2021) dini hari. Akibatnya, ratusan rumah warga terendam.

Banjir dipicu oleh hujan intensitas tinggi dengan durasi yang cukup lama. Akibatnya, anak sungai di Perumahan Helindo dan Perumahan Sriwijaya meluap. Beberapa titik yang menjadi lokasi genangan banjir, yaitu Kelurahan Baturaja Permai dan Kelurahan Sekarjaya di Kecamatan Baturaja Timur. 

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (BPBD OKU), terdapat total 160 rumah yang terendam banjir. Akses jalan dari Baturaja Timur juga tergenang banjir. 

"BPBD setempat juga melaporkan Tinggi Permukaan Air (TMA) saat kejadian adalah 30-150 sentimeter (cm)," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati, dalam siaran persnya, Jumat (21/5/2021).

BPBD OKU telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait dan melakukan kaji cepat bencana. Bersama Kodim 0403 OKU, Polres OKU dan instansi terkait lainnya, BPBD OKU melakukan patroli dan evakuasi warga terdampak.

Raditya mengatakan, menurut laporan yang dikeluarkan Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB pada Jumat (21/5/2021) pukul 10.30 WIB, debit air sungai sudah normal. Aktivitas warga sudah kembali seperti biasa.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: