Badai Pasir Timur Tengah, Langit Dubai hingga Suriah Berubah Jadi Jingga

Susi Susanti · Kamis, 26 Mei 2022 - 23:44:00 WIB
Badai Pasir Timur Tengah, Langit Dubai hingga Suriah Berubah Jadi Jingga
Badai pasir melanda negara-negara di timur tengah. (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Badai pasir melanda negara-negara di timur tengah. Langit Dubai hingga Suriah berubah menjadi jingga apokaliptik saat debu dan pasir beterbangan di udara bulan ini.

Ribuan orang membanjiri rumah sakit, karena tidak dapat bernapas dengan baik. Di Suriah, unit medis menimbun tabung oksigen. Bisnis dan sekolah ditutup di Baghdad, sementara Teheran menangguhkan penerbangan dan Kuwait menghentikan lalu lintas maritim.

Badai pasir tidak mengenal batas. Mereka mengancam akan mendatangkan malapetaka di kawasan yang vital bagi ekonomi global, dengan potensi untuk memengaruhi segalanya, mulai dari harga gas di pompa di Amerika Serikat (AS) hingga seberapa cepat pelanggan di Spanyol dapat menerima paket dari China.

Para ahli memperingatkan bahwa fenomena ini semakin memburuk. Ini sebagian didorong oleh perubahan iklim yang membuat lanskap kawasan itu lebih panas dan lebih kering, dan pola cuaca yang melengkung untuk menciptakan badai yang lebih intens.

Timur Tengah adalah rumah bagi tiga jalur air strategis dan hampir setengah dari cadangan minyak dunia yang diketahui. Wilayah ini sangat penting bagi perdagangan global dan pasokan energi.

Sekilas kekuatan destruktif badai terlihat pada Maret 2021, ketika Terusan Suez diblokir selama enam hari oleh sebuah kapal yang terlempar keluar jalur oleh badai pasir, menahan hampir USD60 miliar (Rp877 triliun) dalam perdagangan. Dua belas persen perdagangan global melewati chokepoint itu.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: