5 Ekor Harimau Terpantau Hidup di Areal Konservasi Muara Merang Sumsel

Antara ยท Jumat, 31 Desember 2021 - 09:20:00 WIB
5 Ekor Harimau Terpantau Hidup di Areal Konservasi Muara Merang Sumsel
Petugas memasang kamera untuk mengawasi harimau di areal Konservasi Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Muara Merang. (Foto: Ist)

PALEMBANG, iNews.id - Lima ekor harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) terpantau berada di areal Konservasi Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi Muara Merang, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan (Sumsel). Lima hewan buas dan dilindung itu terpantau dalam keadaan sehat.

Forest Sustainability Head PT Rimba Hutani Mas (RHM), Bambang Abimanyu mengatakan, kondisi lima harimau itu teramati melalui kamera trap yang dipasang di enam titik yang diperiksa setiap 40 hari. “Usia harimau ini berkisar 2-6 tahun,” katanya, Jumat (31/12/2021).

Dari lima ekor harimau itu, tiga di antaranya sudah diberi nama oleh tim konservasi Kesatuan Pengeloaan Konservasi HUtan (KPHP) Muara Merang, yakni Abimanyu, Metia dan Rolf. Sejauh ini, berdasarkan hasil riset tim konservasi diketahui jelajah dari harimau itu berkisar 11 kilometer per hari.

Mereka diperkirakan mendapatkan pasokan pakan yang mencukupi karena kawasan jelajahnya berada di lanskap kawasan hutan lindung Sembilang (di perbatasan Sumsel dan Jambi) yang terbilang masih alami.

Habitat harimau ini berada di kawasan konservasi Merang yang luasnya 18.000 hektare. Kawasan ini juga masuk dalam area Taman Nasional Berbak-Sembilang dan Suaka Margasatwa Dangku.

Di kawasan konservasi ini juga masih terjaga habitat fauna dan flora asli, di antaranya buaya senyulong, kata dia.

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: