300 Rumah Terendam Banjir hingga 3 Meter, Ini Rencana Pemkab OKU

Widori Agustino ยท Selasa, 14 Juni 2022 - 18:56:00 WIB
300 Rumah Terendam Banjir hingga 3 Meter, Ini Rencana Pemkab OKU
Plh Bupati OKU Teddy Meilwansyah mendatangi lokasi. (Foto: Widori)

OKU, iNews.id - Banjir yang merendam hingga 300 rumah di dua kelurahan yakni Sekarjaya dan Baturaja Permai, Baturaja Timur menjadi perhatian Pemkab OKU, Sumsel. Plh Bupati Teddy Meilwansyah mendatangi lokasi dan mengaku sudah menduga banjir besar akan melanda wilayah tersebut. 

Teddy mengatakan, beberapa penyebab utama banjir terparah tersebut melanda yakni aliran sungai serta selokan yang sudah tidak mampu menampung debit air. Sistem drainase yang ada di sepanjang 2 kelurahan itu dinilai sangat buruk. 

"Dari hasil survei kita, terjadi pendangkalan drainase dan banyak sampah di saluran drainase, inilah salah satu penyebab banjir. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Selain itu, di bagian ujung aliran anak sungai yang menuju Sungai Ogan alirannya berkelok - kelok sehingga menghambat laju air," ujarnya dalam kunjungan, Selasa (14/6/2022).

Teddy berharap masyarakat sadar tidak membuang sampah di saluran air agar banjir tidak terulang lagi. "Mari sama - sama kita jaga lingkungan kita. Harapan kita ke depan kejadian ini tidak terulang, mungkin dalam waktu dekat akan berkoordinasi kepada instansi terkait untuk mencarikan solusi," ujarnya.

Kamis (9/6/2022) malam lalu, banjir melenda wilayah dua kelurahan. Sekitar 300 rumah terendam banjir dengan ketinggian bervariasi. Pada kawasan tertentu ketinggian air mencapai tiga meter, yang membuat warga terjebak di atap rumah karena air datang dengan cepat. 

Editor : Berli Zulkanedi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: