17.054 Pelanggan PDAM di Palembang Digratiskan Tagihan Air Bersih

Antara ยท Kamis, 16 April 2020 - 21:28 WIB
17.054 Pelanggan PDAM di Palembang Digratiskan Tagihan Air Bersih
Ilustrasi air bersih (Antara)

PALEMBANG, iNews.id - Sebanyak 17.054 pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) tidak akan dibebani untuk membayar tagihan air bersih. Belasan ribu pelanggan ini terpilih karena dianggap ekonominya paling terdampak setelah munculnya wabah Covid-19.

"Pelanggan yang digratiskan tagihan rekening airnya, yakni pelanggan yang masuk dalam kelompok 1A, 1B, 1C, dan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," kata Direktur Utama PDAM Tirta Musi, Andi Wijaya di Palembang, Kamis (15/4/2020).

Andi menambahkan, pembebasan tagihan rekening pemakaian air bersih bagi pelanggan tersebut untuk dua bulan, yakni Mei dan Juni 2020.

Melalui pembebasan pembayaran tagihan rekening pemakaian air bersih itu, kata Andi, diharapkan dapat mengurangi beban masyarakat menghadapi kondisi sulit sebagai dampak pandemi corona.

Sebelumnya, Wali Kota Palembang Harnojoyo menjelaskan bahwa untuk mengurangi beban masyarakat yang ekonominya terdampak pandemi Covid-19, pihaknya mengeluarkan kebijakan stimulus membebaskan tagihan air bersih selama dua bulan untuk pelanggan PDAM Tirta Musi yang masuk dalam kelompok 1A, 1B, 1C, dan kelompok masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Pembebasan tagihan rekening pemakaian air bersih itu sesuai dengan Surat Edaran No.22/SE/V/2020 tertanggal 9 April 2020.

Sesuai surat edaran itu, pembebasan tagihan rekening pemakaian air bersih diberikan untuk pelanggan PDAM Tirta Musi yang termasuk dalam kategori kelompok 1A yakni hydrant, ledeng umum, dan rumah yatim piatu.

Sementara kelompok 1B yakni tempat ibadah, pesantren, badan sosial, rumah jompo, kantor yayasan yatim piatu.

"Kemudian pelanggan kelompok 1C rumah sangat sederhana dan rumah susun), serta kelompok masyarakat berpengasilan rendah," kata dia.


Editor : Nur Ichsan Yuniarto