Sumsel termasuk provinsi yang diprediksi hujan hari ini, Kamis (28/7/2022). (Foto: iNews.id)
Qur'anul Hidayat

JAKARTA, iNews.id – Hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang diprakirakan terjadi di sejumlah wilayah provinsi pada hari ini, Kamis (28/7/2022). Salah satunya Sumatera Selatan (Sumsel) yang diprediksi hujan sedang - lebat dan dapat disertai kilat dan angin kencang hari ini. 

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat. Dikutip dari Antara, wilayah provinsi yang menurut sistem peringatan dini BMKG berpeluang mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang antara lain Aceh, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, dan Jawa Barat.

Kemudian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. 

Selanjutnya Sulawesi Utara, Sumatra Barat, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan juga diprakirakan mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Hujan lebat yang disertai angin kencang bisa menimbulkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Warga di daerah-daerah yang berpeluang mengalami hujan lebat disertai angin kencang sebaiknya mewaspadai kemungkinan terjadi bencana banjir maupun tanah longsor.

BMKG menekankan pentingnya pemerintah daerah meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana serta mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya mitigasi.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan bahwa pengetahuan masyarakat mengenai potensi bencana serta langkah-langkah penyelamatan dan evakuasi mandiri saat bencana terjadi mesti ditingkatkan.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT