Sungai Musi yang membelah Kota Palembang menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia. (Foto: Ist)
Ami Heppy S

PALEMBANG, iNews.id - Inilah daftar sungai terpanjang di Indonesia yang wajib kamu tahu. Sungai terpanjang ini memiliki panjang aliran hingga ribuan kilometer melintasi sejumlah sejumlah kabupaten dan kota hingga provinsi. 

Sungai terpanjang di Indonesia ini sejak dahulu menjadi jalur trasportasi, pusat aktivitas dan mata pencaharian. Bahkan ada sungai yang dijadikan tempat tinggal oleh warga. Lantas, sungai apa saja terpanjang di Indonesia?

Berikut ini iNews.id telah merangkum daftar sungai terpanjang di Indonesia.

1. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas di Provinsi Kalimantan Barat memiliki panjang 1.143 kilometer dan merupakan sungai terpanjang di Indonesia. 

Sungai Kapuas dimulai dari Pegunungan Muller hingga Selat Karimata (Laut China). Sungai ini melintasi sejumlah daerah dan menjadi penghubung transportasi antar daerah.
Oleh masyarakat lokal, Sungai Kapuas ini disebut sebagai Sungai Kapuas Buhung atau Sungai Batang Lawai.

2. Sungai Mahakam

Sungai Mahakam memiliki panjang 920 kilometer. Sungai yang berada di Provinsi Kalimantan Timur ini dikenal sebagai habitat hewan langka, yakni Pesut Mahakam. Hewan ini termasuk dalam jenis lumba-lumba air tawar yang terancam punah.

Sungai Mahakam merupakan sungai terbesar di Kalimantan Timur, sehingga sering dimanfaatkan untuk transportasi kapal.

3. Sungai Barito

Sungai terpanjang di Indonesia selanjutnya adalah Sungai Barito. Sungai ini memiliki panjang 909 kilometer dan melintasi dua provinsi, yakni Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

Sama seperti Sungai Kapuas, hulu Sungai Barito juga berasal dari Pegunungan Muller. Sedangkan alirannya berakhir di Laut Jawa.

Sungai ini merupakan jalur distribusi utama kapal tongkang batu bara serta muatan hasil hutan kayu maupun hasil hutan non kayu.

4. Sungai Batanghari

Sungai Batanghari berada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat dan mengalir hingga Jambi.
Sungai yang memiliki panjang 800 kilometer ini mengalir dari Gunung Rasan hingga Laut China Selatan. Hal ini menjadikan Sungai Batanghari sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

5. Sungai Musi

Sungai Musi memiliki panjang 750 kilometer dan membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Sungai Musi hulunya berada di wilayah Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu dan berakhir di Selat Bangka. Di wilayah hulunya Sungai Musi disebut dalam budaya setempat Luak Ulu Musi.

Kemudian aliran Sungai Musi masuk wilayah Sumatera Selatan dengan melintasi hampir sebagian besar wilayah kabupaten dan kota. Di antaranya, Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Kota Palembang. 

Sungai Musi sangat erat kaitannya dengan sejarah Kerajaan Sriwijaya. Banyak bukti ditemukan tentang keberadaan Sriwijaya. Penyelam tradisional sering menemukan sejumlah benda termasuk kayu bekas kapal di zaman kerajaan.

Di atas Jembatan Ampera berdiri dengan kokoh yang menjadi ikon Kota Palembang dan ciri khas Sungai Mus yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Nah, itulah lima sungai terpanjang di Indonesia yang wajib kamu ketahui.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT