Pelaku UMKM di Palembang, Sumsel didorong percaya diri untuk naik kelas. (Foto: Dede f)
Dede Febriansyah

PALEMBANG, iNews.id - Bank Rakyat Indonesia (BRI) secara konsisten terus mendorong pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). BRI pun terus melakukan transformasi, salah satunya melalui digitalisasi untuk menghadirkan layanan berorientasi customer centric.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari mengatakan, bahwa langkah digitalisasi tersebut diikuti oleh upaya BRI melakukan literasi dan pendampingan kepada nasabah dan pelaku UMKM.

"Wujud komitmen ini tercermin dari penyelenggaraan Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 di kota ke-6 yaitu Palembang dengan mengusung tema Pede Memimpin Perubahan," ujar Supari, Kamis (15/9/2022).

Menurutnya, melalui tema tersebut diharapkan dapat mendorong masyarakat Indonesia, khususnya nasabah Tabungan BRI Simpedes untuk Pede berbisnis, Pede mengelola keuangan, dan Pede bekerja.

"Rangkaian PRS di Palembang dimulai dengan gerakan literasi digital yang menyasar 10 pasar tradisional Kota Palembang sejak tanggal 11 hingga 15 September 2022, dengan tujuan mengedukasi masyarakat dan pelaku UMKM terhadap layanan keuangan digital BRI seperti BRIMO dan QRIS BRI," katanya.

Diketahui, pelaksanaan PRS di Palembang yang akan diselenggarakan pada 16-18 September 2022 terdiri atas enam pilar, yakni Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis, dan Peduli.

Pawai merupakan literasi digital kepada pelaku UMKM yang tersebar di pasar atau sentra ekonomi, diikuti dengan kemeriahan pawai budaya.

Panggung yang menampilkan hiburan artis lokal dan nasional antara lain Fiersa Besari, Nella Kharisma, Geisha, Gigi, Hutan Tropis, dan Kopral Jono.

Pasar menghadirkan 120 UMKM binaan BRI yang akan menampilkan berbagai macam produknya. Panen sendiri adalah acara undian hadiah Simpedes dan doorprize untuk pengunjung.

Pojok X’Sis sebagai area pengunjung untuk mengaktualisasi diri serta menambah pengetahuan dengan berbagai aktivitas seni dan olahraga, literasi digital, pengenalan Digital Banking Experience, coaching clinic atau capacity building kepada komunitas.

Kemudian Peduli, melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang ditujukan kepada masyarakat sekitar berupa cek kesehatan gratis untuk masyarakat, donor darah, vaksin Covid-19, dan potong rambut gratis.

"PRS BRI 2022 ini akan berlangsung hingga Desember 2022 mendatang dengan menyambangi 379 titik di seluruh Indonesia dan diharapkan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi kerakyatan, khususnya bangkitnya sektor UMKM di Indonesia," katanya.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT