BI Perwakilan Sumsel fasilitasi UMKM asal Palembang mengikuti ekspo di Bali. (Foto: Dede F)
Dede Febriansyah

PALEMBANG, iNews.id - Bank Indonesia terus berupaya mendorong Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) agar mampu menembus pasar global. Untuk merealisasikan upaya tersebut, BI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) membawa sejumlah UMKM asal Palembang untuk hadir di Beachwalk Pempek Expo di Bali.

Kepala BI Perwakilan Sumsel, Erwin Soeriadmaja mengatakan, bahwa ada enam UMKM di Kota Palembang yang menjadi mitra binaan memperkenalkan produk khas asal Palembang ke Provinsi Bali.

"Ini upaya BI untuk terus mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di Provinsi Sumsel. Sebagai langkah pengembangan pasar UMKM," ujar Erwin di Beachwalk Shoping Center Kuta Bali, Jumat (29/7/2022).

Sejumlah UMKM Palembang, khususnya kuliner khas pempek dan kopi asal Semendo hadir di pagelaran tersebut, diantarnya pempek Cek Molek, pempek Syamil, pekmpek Cek Putri, pempek Umiabi, Rumah Kopi Sumsel, Beskabean Coffee.

Sementara UMKM dari Bali yakni Sambal Mantu, Sese, Krilazz, Coklat CK, Kopi Bali Arabica Kintamani, serta The Living Barn. "Jadi ada enam UMKM asal Palembang yang kita bawa kesini untuk memperkenalkan produknya ke wisatawan mancanegara," katanya.

Menurut Erwin, tujuan dikenalkan UMKM Sumsel di Provinsi Bali yakni agar kuliner khas tersebut dapat lebih dikenal dan mempunyai daya saing sampai internasional karena Provinsi Bali memiliki banyak tempat wisata yang telah dikenal dunia.

"Sasarannya jelas wisatawan, karena Warga Negara Asing (WNA) banyak di sini. Ini salah satu cara kita agar produk lokal Sumsel dikenal dunia," katanya.

Sementara itu, Yenni Aggraini selaku owner Pempek Cek Molek mengatakan, agar kuliner khas Palembang yang dikelolanya dapat diterima oleh pasar global, dirinya telah mempersiapkan olahan khusus.

"Karena WNA ini mayoritas tidak suka pedas maka saos cuka yang akan kita olah lagi sesuai dengan selera mereka, sedangkan rasa pempek akan kita pertahankan khasnya," katanya.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT