PT Kereta Api tetap pastikan prokes walaupun penumpang duduk boleh tidak berjarak. (Foto: Ist)
Antara

PALEMBANG, iNews.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) memastikan protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan ketat dalam mengoperasionalkan kereta api ringan (Light Rail Transit/LRT) Sumsel di Palembang, Sumatera Selatan. Namun begitu, penumpang sudah diperbolehkan duduk tidak berjarak.

Kepala Bagian Humas PT KAI Divisi Regional III Palembang Aida Suryanti mengatakan, saat ini KAI mengoperasikan 88 perjalanan setiap hari untuk sekaligus mendukung Gerakan Nasional Kembali ke Angkutan Umum (GNKAU).

Operasional perjalanan LRT ini sebelumnya sempat dikurangi KAI hingga separuhnya karena adanya pandemi Covid-19. Namun sejak 31 Desember 2020 sudah diberlakukan 88 perjalanan.

“KAI terus mengingatkan pengguna untuk disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Sejauh ini, kami mematuhi aturan baru yakni maksimum 60 persen dari total kapasitas LRT,” katanya, Selasa (15/3/2022).

Ia menjelaskan, kapasitas satu rangkaian berdasarkan aturan terbaru pemerintah yakni 179 penumpang, sementara sebelumnya maksimal 115 penumpang.

Meskipun untuk tempat duduk sudah diperbolehkan tidak berjarak, namun untuk penumpang berdiri masih diberlakukan jaga jarak aman.

“Petugas kami akan membantu mengingatkan penumpang agar tetap menjaga jarak pada saat duduk maupun berdiri,” katanya.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT