Jembatan di Kota Palembang yang menjadi ikon Sumatera Selatan. (Foto: Ist)
Berli Zulkanedy

PALEMBANG, iNews.id - Sumatera Selatan (Sumsel) merupakan salah satu provinsi terbesar di pulau Sumatera. Sejak berabad yang lalu Sumsel dikenal dengan sebutan Bumi Sriwijaya, karena pada abad ke-7 hingga ke-12, wilayah ini merupakan pusat Kerajaan Sriwijaya. 

Secara administratif Provinsi Sumatera Selatan memiliki 17 kabupaten dan kota, yang terdiri atas 13 kabupaten dan empat kota. Kota yang memiliki penduduk terbanyak tentu Palembang berjumlah 1.686.073 jiwa, namun Palembang sebagai ibukota Sumatera Selatan (Sumsel) harus mengakui luas wilayah daerah lain. Palembang hanya memiliki luas 369,22 km2. 

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), berikut enam daerah terluas di Sumatera Selatan:

1. Ogan Komering Ilur (OKI)

Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) merupakan salah satu kabupaten yang berada di wilayah Komering dengan ibukota Kecamatan Kayu Agung. Belasan tahun lalu, OKI lebih luas lagi sebelum terbentuk Kabupaten Ogan Ilir. 

Saat ini Kabupaten OKI memiliki luas 18.359,04 kilometer persegi (km2) yang terbagi dalam 18 kecamatan. Dengan luas mencapai 18.359,04 km2, OKI memiliki penduduk 772.742 jiwa.

Kabupaten OKI cukup popular di tanah air karena dilintasi Jalintim dan saat ini dilintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTSS) ruas Terbanggi Besar - Kayu Agung, dan ruas Kayu Agung - Palembang - Betung. 

2. Musi Banyuasin 

Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) dikenal sebagai daerah kaya karena terdapat minyak, gas dan salah satu daerah penghasil sawit di Sumatera Selatan (Sumsel). Sejumlah perusahaan migas dan perkebunan besar beroperasi di wilayah ini. 

Muba memiliki wilayah terluas kedua di Sumsel yakni 14.266,26 km persegi yang terbagi dalam 15 wilayah kecamatan. Mengutip data BPS 2021, jumlah penduduk di Muba sebanyak 627.070 jiwa. 

3. Banyuasin

Daerah terluas ketiga di Sumsel yakni Kabupaten Banyuasin. Daerah tetangga Kota Palembang ini memiliki luas 11.832,99 km2 yang berbatasan dengan Musi Banyuasin, Jambi, Palembang dan Ogan Ilir. 

Banyuasin dengan luas ketiga di Sumsel dihuni 843.871 jiwa yang tersebar di 21 kecamatan. Banyuasin dikenal sebagai sentra pertanian pada wilayah-wilayah yang sebelumnya transmigrasi. Banyuasin juga memiliki sebagian wilayah berupa perairan yang sangat bergantung dengan transportasi air. 

Banyuasin memiliki potensi wisata mendunia. Salah satu wilayahnya yakni Sembilang setiap akhir tahun disinggahi jutaan dan mungkin miliaran burung migran Siberira. Saat bermigrai, burung migran akan singgah untuk mencari makan sebelum melanjutkan terbangnya dari Australia menuju Siberia. 

4. Muara Enim

Kabupaten Muara Enim dikenal sebagai daerah penghasil batu bara. BUMN tambang yakni PT Bukit Asam (tbk) beroperasi di daerah ini tepatnya Tanjung Enim. 

Muara Enim memiliki luas keempat di Sumsel yakni 7.383,90 km2. Adapun jumlah penduduknya sebanyak 617.846 jiwa yang tersebar di 20 kecamatan. 

5. Musi Rawas

Dua daeran otonom baru (DOB) yakni Musi Rawas Utara (Muratara) dan Lubuklinggau merupakan pecahan dari Kabupaten Musi Rawas (Mura). Namun begitu, Musi Rawas tetap masuk daftar daerah terluas di Sumatera Selatan tepatnya terluas kelima yakni 6.350,10 km2.

Musi Rawas terdiri atas 14 kecamatan yang dihuni 400 027 jiwa. Ibukotanya Kecamatan Muara Beliti. Kabupaten ini memiliki hasil perkebunan melimpah terutama karet dan kelapa sawit.

6. Musi Rawas Utara 

Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) merupakan DOB baru yang terbentuk pada 2013. Kabupaten pecahan dari Musi Rawas ini memiliki luas 6.008,55 yang menempatkannya sebagai daerah terluas keenam di Provinsi Sumatera Selatan. 

Kabupaten Muratara berbatasan dengan Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Muratara terdiri atas tujuh kecamatan yang dihuni 194.405 jiwa. Ibukotanya Kecamatan Rupit dan penduduknya sebagian besar petani karet dan pekerja di perkebunan kelapa sawit. 


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT