Kantor Wali Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. (Foto: Ist)
berli

PALEMBANG, iNews.id - 5 kota terkecil di Sumatera Selatan memiliki luas tidak sampai seperempat dari wilayah daerah terluas yakni Kabupaten OKI 18.359,04 kilometer persegi. Kota terkecil di Sumatera Selatan hanya memiliki luas wilayah 251,94 kilometer persegi. 

Namun begitu, beberapa kota terkecil di Sumatera Selatan ini memiliki penduduk yang tinggi. Bahkan salah satu kota dalam daftar kota terkecil di Sumatera Selatan ini memiliki penduduk terbanyak di Sumatera Selatan. 

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel, berikut 5 kota terkecil di Sumatera Selatan :

1. Prabumulih 

Kota terkecil di Sumatera Selatan yang berada di urutan pertama yakni Kota Prabumulih. Kota Prabumulih terbentuk pada 2001 setelah memisahkan diri dari Kabupaten Muara Enim. Prabumulih memiliki enam kecamatan, 25 kelurahan dan 12 desa.

Prabumulih yang dikenal sebagai kota Nanas ini memiliki luas 251,94 kilometer persegi. Dengan luas wilayah terkecil di Sumatera Selatan, Prabumulih dihuni 188.929 jiwa.

2. Palembang

Kota terkecil di Sumatera Selatan berikutnya yakni Kota Palembang. Kota yang dikenal sebagai kota pempek dan memiliki ikon Sungai Musi dan Jembatan Ampera ini hanya memiliki wilayah seluas 369,22 kilometer persegi.

Ibukota Provinsi Sumatera Selatan ini terdiri atas 18 kecamatan dan 107 kelurahan. Sebagai ibukota Provinsi Sumsel, walaupun masuk daftar kota terkecil, Palembang memiliki penduduk terbanyak di Sumatera Selatan yakni 1.681.374 jiwa.

Jumlah penduduk Palembang dua kali lipat dari daerah terluas di Sumatera Selatan yakni Kabupaten OKI. Dengan luas wilayah mencapai 18.359,04 kilometer persegi, OKI hanya memiliki penduduk 839.625 jiwa.

3. Lubuklinggau

Kota terkecil di Sumatera Selatan selanjutnya yakni Kota Lubuklinggau. Lubuklinggau yang sering disebut sebagai kota teramai di Sumsel ternyata masuk daftar kota terkecil di Sumatera Selatan dengan luas wilayah 401,50 kilometer persegi. 

Lubuklinggau terletak di barat Sumsel berbatasan dengan Curup, Rejang Lebong, Bengkulu. Kota Lubuklinggau terdiri atas delapan kecamatan dan 72 kelurahan. Lubuklinggau memiliki penduduk 235.189 jiwa. Di Lubuklinggau terdapat wisata menarik yakni Bukit Sulap yang didukung Bandara Silampari yang melayani rute penerbangan Jakarta - Lubuklinggau. 

4. Pagaralam

Kota terkecil di Sumatera Selatan yang keempat yakni Kota Pagaralam dengan luas wilayah 633,66 kilometer persegi. Pagaralam merupakan dataran tinggi Sumatera Selatan yang terletak gugusan bukit barisan dan kaki Gunung Dempo. 

Karena itu, Pagaralam menjadi destinasi wisata alam yang beragam mulai dari puncak Gunung Dempi yang bikin kangen bagi pendaki, hamparan kebun teh, kebun jeruk, kebun seladah dan banyak air terjun. 

Pagaralam terdiri atas lima kecamatan dan 35 kelurahan yang dihuni 140.402 jiwa. Untuk menunjang sektor pariwisata, Pagaralam telah memiliki lapangan terbang. 

5. Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)

Terakhir daftar kota terkecil di Sumatera Selatan yakni PALI. Daerah ini merupakan kabupaten termuda di Sumatera Selatan yang terbentuk pada 2013 bersamaan dengan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). 

Kabupaten PALI memiliki lima kecamatan, 65 desa dan enam kelurahan. Kabupaten yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Muara Enim memiliki luas wilayah 1.840,00 kilometer persegi. Adapun jumlah penduduknya 
192.199 jiwa.

Demikian daftar 5 terkecil di Sumatera Selatan berdasarkan luas wilayah yang berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sumsel 2021. 


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT