Dinas PPA Sumsel berikan pelatihan kewirausahaan hingga pemasaran kepada 100 perempuran orang tua tunggal. (Foto: Ist)
Antara

PALEMBANG, iNews.id - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Sumatera Selatan (PPA Sumsel) menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan kepada 100 orang ibu yang merupakan orang tua tunggal. Diharapkan perempuan berstatus janda ini menjadi lebih kreatif dan inovatif sehingga dari penghasilannya dapat mencukupi kebutuhan hidup anak-anaknya.

Kepala Dinas PPA Sumsel Henny Yulianti mengatakan, selama mengikuti program pelatihan ibu-ibu ini dilatih secara khusus oleh mentor-mentor berkompeten dalam urusan berwirausaha, yang mana merupakan mitra di bawah koordinasi PPA Sumsel. 

“Kami terus berupaya meningkatkan kemampuan ibu-ibu yang berstatus janda ini dalam berwirausaha. Supaya perekonomian mereka tercukupi,” katanya, Senin (15/11/2021).

Selama pelatihan para mentor itu memberikan pemahaman mulai dari teori kewirausahaan hingga kebagian produksi barang jadi dan pemasarannya. Barang jadi tersebut meliputi makanan seperti pempek dan kue basah kemudian pengemasan dan pemasaran.

“Sebagian besar mungkin sudah paham urusan produksi, tapi banyak yang minim pemahaman cara pemasaran yang efektif dan efisien khususnya dalam pemanfaatan teknologi,” ujarnya.

Setelah mendapatkan keilmuannya melalui pelatihan ini, lanjutnya, diharapkan setiap ibu-ibu tentu bisa mengajarkan kembali ke rekannya masing-masing. Sehingga semakin banyak yang akan mendapatkan manfaatnya.

Sementara itu, peserta Reni Ismawati warga Kecamatan Ilir Barat II Palembang, mengatakan, dirinya mendapatkan wawasan baru untuk memantapkan dirinya menjadi seorang pewirausaha baru.

Ibu dua orang anak mengaku saat ini sedang mengembangkan bidang usaha kuliner untuk menambah pendapatan, sebab pendapatannya sebagai seorang honorer guru sangat pas-pasan.

“Saya menjadi tulang punggung tunggal anak-anak saya yang bersekolah setelah ayah mereka meninggal dunia lima tahun silam. Wawasan saya bertambah setelah pelatihan ini, mudah-mudahan hasilnya maksimal,” katanya.


Editor : Berli Zulkanedi

BERITA TERKAIT